SOLOPOS.COM - Ilustrasi muslim berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Selain puasa sunah, terdapat amalan-amalan lainnya yang bisa dilakukan pada bulan Rajab.

Seperti diketahui, bulan Rajab pada tahun ini jatuh pada Minggu (22/1/2023) sore. Bulan Rajab merupakan bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW pernah menyampaikan bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memasuki bulan Rajab, umat Islam banyak yang mempersiapkan diri untuk melakukan berbagai macam ibadah. Bukan sekedar menjalankannya, banyak umat Islam kembali mengingat dan belajar tentang tata cara dan hukum beribadah di bulan Rajab. Kehadiran bulan Rajab juga identik dengan persiapan menyongsong bulan suci Ramadan.

Lalu, apa saja amalan yang bisa dilakukan di bulan Rajab selain berpuasa?

Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini tiga amalannya yang bisa dilakukan selain berpuasa.

Amalan Bulan Rajab

1. Berdoa

Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkaar yang diterbitkan Darul Hadits, Kairo, Mesir menyebutkan bahwa doa yang dibaca Rasulullah saat memasuki bulan Rajab adalah sebagai berikut.

Allaahumma baarik lanaa fii rajaba wasya‘baana waballighnaa ramadlaanaa.

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.

2. Salat Rajab

Selain berdoa dan berpuasa, amalan lainnya di bulan Rajab adalah salat. Imam Ghazali menjelaskan bahwa seseorang yang berpuasa di hari Kamis dalam bulan Rajab, kemudian melakukan salat sunah sebanyak 12 rakaat di antara waktu salat Isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan.

Salat 12 rakaat itu dilakukan seperti salat sunah pada umumnya, yaitu dilakukan dengan salat dua rakaat dengan satu kali salam. Setelah membaca Surat Al-Fatihah, disunahkan membaca Surat Al-Qadar sebanyak 3x dan Al-Ikhlas sebanyak 12x.

Setelah selesai salat, umat Islam dianjurkan membaca selawat sebanyak 70 kali. Selawat yang dibaca adalah allahumma shalli ‘ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi. Setelah membaca selawat, dianjurkan sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh, sebanyak 70x. Setelah selesai sujud, duduklah sejenak dengan membaca rabbighfir warham wa tajawaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azzul akram sebanyak 70 kali.

Kemudian, kembali sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70x. Setelah selesai, mohonlah kepada Allah SWT atas hajat yang diinginkan.

3. Bersedekah

Amalan lainnya yang bisa dilakukan saat bulan Rajab adalah bersedekah. Umat Islam yang bersedekah di bulan Rajab akan mendapat pahala berlipat ganda sebagai mana sabda Rasulullah saw yang artinya:

“Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagaian pendapat, umur burung gagak mencapai lima ratus tahun.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya