Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Seberapa Kaya Pemkot Solo? Ini Data Aset Tanahnya

Pemkot Solo memiliki jumlah aset tanah yang cukup banyak mencapai 6.075 bidang dengan nilai total Rp8 triliun pada akhir 2021.
SHARE
Seberapa Kaya Pemkot Solo? Ini Data Aset Tanahnya
SOLOPOS.COM - Infografis Aset Pemkot (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Kondisi aset tanah Pemkot Solo belakangan ini menjadi sorotan menyusul maraknya hunian liar di lahan makam Bong Mojo, Jebres. Terlebih lahan berstatus hak pakai (HP) 62 dan HP 71 milik Pemkot Solo itu ternyata diperjualbelikan secara ilegal.

Munculnya hunian liar dan jual beli lahan itu disebut-sebut karena Pemkot Solo lemah dalam pengawasan terhadap aset-aset mereka. Padahal, aset-aset tanah Pemkot jumlahnya cukup banyak dengan nilai cukup fantastis.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Selain itu, sikap Pemkot yang kurang tegas juga dinilai menjadi pemicu munculnya hunian liar. Warga memanfaatkan lemahnya pengawasan dan kekurangtegasan Pemkot Solo sebagai peluang dan kesempatan untuk mendirikan hunian liar.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di dokumen aset pemerintah yang diunggah di laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Solo, total jumlah aset tanah Pemkot Solo hingga akhir 2021 ada 6.072 bidang tanah dengan nilai total aset mencapai Rp8 triliun.

Penambahan paling drastis terjadi antara 2018 ke 2019 yakni dari 1.025 bidang menjadi 6.052 bidang. Berikut data lengkap jumlah aset tanah Pemkot Solo dan nilainya dari 2018-2021.

Infografis Aset Pemkot (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa


Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode