SOLOPOS.COM - Ilustrasi Peta Pulau Jawa. (Twitter)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira di mana sebenarnya letak titik tengah Pulau Jawa?

Jika Alas Purwo diklaim sebagai titik paling timur Pulau Jawa dan Ujung Kulon sebagai titik paling barat Pulau Jawa, lalu di mana lokasi tengah-tengah Pulau Jawa?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Solopos.com, terdapat beragam versi lokasi dari titik tengah pulau yang dihuni kurang lebih 15 juta jiwa ini.

Baca Juga:  Ditangkap karena Ganja, Cuitan Ardhito Pramono Soal Narkoba Viral

Versi pertama beranggapan titik tengah Pulau Jawa berada di Tugu Sepuser yang berlokasi di perbatasan Desa Soropadan dengan Desa Kupen di Kecamatan Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah.

Bersumber dari situs resmi milik Pemkab Temanggung, seorang spiritual bernama Ki Kusumo, juga membenarkan hal tersebut. Tetapi, untuk lokasi titik tengah Pulau Jawa persisnya bergeser setengah meter dari tugu.

Baca Juga: Asal Usul Tugu Lilin Solo, Ternyata Dibuat dari Tanah Penjuru Nusantara

Karena disebut berada di tengah-tengah Pulau Jawa, Tugu Sepuser juga diklaim sebagai titik nol kilometer dari pulau terluas ke-13 di dunia ini.

Sementara itu, versi lain juga menyebutkan titik tengah Pulau Jawa justru bukan terletak di Tugu Sepuser, melainkan di sebuah daerah di Wonosobo. Lokasi persisinya berada di Wonokromo, Mojotengah, Wonosobo, sebagaimana artikel yang tayang di Goodnewsfromindonesia.id.

Baca Juga: Apa Itu NFT, yang Dijual Ghozali Everyday dan Untung Hingga Miliaran?

Titik tengah Pulau Jawa yang disebutkan di Wonosobo di atas lokasinya tak jauh dari wisata Dataran Tinggi Dieng, yang jaraknya hanya 21 km ke arah utara.

Ada lagi versi ketiga yang menyebut titik tengah Pulau Jawa berada di Puncak Suroloyo yang berada di perbatasan Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta.

Baca Juga:  Spesifikasi Tol Solo-Jogja, yang Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit

Mengutip dari situs resmi Kapanewon Samigaluh Kulonprogo, keyakinan ini didasarkan pada garis imaginer Pulau Jawa. Jika ditarik garis lurus dari selatan ke utara dan dari barat ke timur, maka titik temunya ada di Puncak Suroloyo.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya