SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunuh diri. (Whisnupaksa Kridangkara/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO-Cara mencegah bunuh diri penting untuk diketahui semua orang, karena bisa saja hal ini terjadi pada orang  terdekat kita. Orang yang ingin bunuh diri sering kali merencanakannya secara diam-diam.

Untuk mencegah seseorang bunuh diri, terlebih dulu kenali gejala yang ditunjukkan dalam kesehariannya. Sekitar 90 persen kasus bunuh diri dipicu oleh masalah psikologis atau gangguan mental, seperti depresi, skizofrenia, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan. Selain itu, orang yang mengalami korban kekerasan atau pelecehan, termasuk pelecehan seksual, juga berisiko untuk bunuh diri.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Mencegah bunuh diri penting diketahui lantaran angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia diperkirakan mencapai 1.800 kasus per tahun. Tindakan ini bisa terjadi pada semua kelompok usia, baik dewasa, lansia, remaja, maupun anak-anak.

Baca Juga: Terlilit Utang Pinjol, IRT Asal Giriwoyo Wonogiri Nekat Gantung Diri

Dengan mengetahui gejala awal, keluarga terdekat bisa mencegah seseorang bunuh diri. Agar tidak ada lagi kasus bunuh diri seperti yang dilakukan ibu rumah tangga asal Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Perempuan berinisial WI, 38, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di teras rumahnya pada Sabtu (2/10/2021) sekitar pukul 04.00 WIB. Dia nekat mengakhiri hidupnya lantaran terjerat utang.

Berikut adalah beberapa tanda yang mungkin ditunjukkan oleh seseorang yang ingin bunuh diri:

– Sering membicarakan kegelisahan yang dialaminya
– Sering membicarakan tentang kematian
– Merasa putus asa dan tidak memiliki gairah hidup
– Mudah marah secara tiba-tiba
– Kehilangan nafsu makan hingga berat badan berkurang
– Sulit tidur dan kerap merasa sedih, cemas, atau stres
– Menarik diri dari aktivitas sehari-hari dan orang lain, termasuk keluarga
– Menyimpan atau menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba)

Ketika orang yang Anda kenal menunjukkan tanda-tanda ingin mengakhiri hidup, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai upaya pencegahan bunuh diri. Berikut ini langkah mencegah seseorang bunuh diri seperti dikutip dari alodokter.com, Senin (4/10/2021) :

1. Ajak ia berdiskusi dan jadilah pendengar yang baik

Seseorang yang berkeinginan untuk bunuh diri biasanya sedang mengalami suatu masalah berat. Oleh karena itu, peran Anda sangat penting dalam membuka percakapan hangat, agar ia mau berbagi cerita terkait apa yang sedang dirasakannya.

Baca Juga: Pernah Rugi Sampai Rp10 Miliar, Begini Cara Youtuber Rico Huang Bangkit

Saat ia sedang mencurahkan segala keluh kesahnya, jangan sekali-kali langsung menawarkan solusi apalagi menasihatinya. Tetaplah diam dan menjadi pendengar yang baik, karena hal ini akan membuatnya nyaman dan menunjukkan bahwa Anda ikut peduli terhadap masalah yang sedang ia hadapi.

2. Bantu selesaikan masalahnya semampu Anda

Seseorang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri sangat menderita secara emosional. Bunuh diri dianggap sebagai satu-satunya jalan keluar bagi mereka yang tidak bisa menghadapi masalahnya sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk tawarkan bantuan apa saja yang mungkin ia butuhkan.

Yakinkan padanya bahwa Anda akan bantu permasalahan yang sedang dihadapi semampu Anda. Bila memang permasalahan dirasa cukup besar, Anda bisa libatkan kerabat maupun keluarganya untuk ikut serta dalam memecahkan masalah tersebut.

3. Jangan biarkan ia kesepian

Karena bunuh diri sering kali dilakukan secara diam-diam, sebisa mungkin jangan biarkan ia sendirian. Temani ia setiap waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Ketahui Tingkat Kesulitan dalam Hiking Berikut Bekal Makanan yang Tepat

Selain itu, singkirkan semua barang-barang yang dianggap berbahaya, seperti senjata api, senjata tajam, atau obat-obatan yang berada di sekitarnya. Dengan begitu, hal ini bisa menurunkan hasrat maupun keinginannya untuk bunuh diri.

4. Ajak ia untuk menemui psikolog atau psikiater

Bila memang usaha Anda belum juga berhasil merubah niat atau sikapnya untuk melakukan bunuh diri, satu-satunya jalan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah ajak ia menemui psikiater atau psikolog.

Nantinya, psikiater atau psikolog akan melakukan penanganan tergantung pada penyebab yang mendasari pikiran dan perilakunya untuk bunuh diri.

Pada dasarnya, pencegahan bunuh diri pada seseorang bisa teratasi dengan baik selama keluarga dan temannya ikut peduli untuk membantu dan mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi orang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya