SOLOPOS.COM - Dorce Gamalama. (Youtube/Melaney Ricardo)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah penyakit yang diidap Dorce Gamalama sebelum meninggal dunia lantaran Covid-19. Pada Oktober 2021 lalu pembawa acara Dorce Show ini masuk rumah sakit dalam kondisi tak sadarkan diri.  Kabar  itu dibagikan oleh sang keponakan yang bernama Mimi lewat status WA. Nomor yang dipakai untuk membuat status WA adalah milik si pelantun Gini Gitu itu.

Mimi tidak menjelaskan kenapa Dorce Gamalama bisa dilarikan ke rumah sakit. Ia juga tidak memberitahu di mana Dorce Gamalama dirawat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini deretan penyakit yang diidap Dorce Gamalama sebelum meninggal dunia seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (16/2/2022):

1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang diidap Dorce Gamalama. Pada Mei 2019, artis serbabisa ini mengaku mengidap penyakit batu ginjal dan harus segera dilakukan operasi. Gara-gara itu, Dorce Gamalama selama berbulan-bulan harus merasakan sakit punggung dan pinggang.

Baca Juga:  Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Setelah Dirawat karena Covid-19

Dorce mengatakan dirinya harus melakukan operasi untuk mengangkat batu ginjal tersebut. Selain itu, Dorce Gamalama juga mengonsumsi obat-obatan tradisional.

2. Diabetes

Dorce Gamalama sempat tumbang dan tidak sadarkan diri hingga masuk ICU, ternyata ada penyebabnya. Hal ini dipicu karena kadar gula gula darahnya yang terlampau tinggi. Penyebab Dorce tak sadarkan diri hingga akhirnya harus dirawat di ICU itu diungkapkan oleh rekannya, Hetty Sunjaya. Menurutnya sejak lama pembawa acara Dorce Show itu memang sudah mengidap sakit gula karena faktor genetik.

Menurut Hetty Sunjaya, sempat diopname sebelum akhirnya tak sadarkan diri lagi dan masuk ICU itu penyebabnya juga karena penyakit yang sama. Hetty Sunjaya mengurai keterangan dokter. Menurut dokter yang bertanggung jawab terhadap perawatan Dorce Gamalama, gula darah pembawa acara bincang-bincang itu mencapai angka rendah di bawah ambang batas.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Isi Wasiat Dorce Gamalama

“Menurut dokter lama, cerita dari keluarga itu, sepekan sebelum ke IGD itu udah di-opname dengan keadaan gula darah 800, sudah berfungsi normal, diperbolehkan pulang. Besok sehari di rumah, sempet teleponan biasalah, ternyata pas jam 4 drop lagi gula darahnya di bawah normal jadi dibawa lagi ke rumah sakit,” bebernya seperti dikutip dari Solopos.com, Minggu (10/10/2021).

Dalam kesempatan berbeda, Mimi, keponakan Dorce Gamalama menjelaskan bahwa sepekan sebelum tak sadarkan diri dan masuk ICU, Dorce baru pulang dari rumah sakit. Jadi mama sebelumnya sudah dirawat juga seminggu yang lalu karena sakitnya, dan udah diizinkan pulang sama dokter karena kondisinya sudah membaik. Akhirnya kami pulang. Malem kondisinya bagus, pagi pun masih bagus, siangnya mama tidur tapi belum makan memang, dia ngantuk katanya mau tidur dulu, akhirnya kita biarkan istirahat dulu. Karena paginya beraktivitas kan,” kisah Mimi lewat sambungan telepon.

“Ya udah kami biarkan tidur sampe jam setengah dua [siang], udah coba saya bangunin makan siang karena belum minum obat. Tapi mama belum ada respons masih tertidur pulaslah. Setelah sampai adzan Ashar karena belum makan dan minum obat kami paksa bangun sekuat tenaga, tapi masih nggak ada respons. Akhirnya kirim pesan WhatsApp ke dokter. Dokter bilang langsung bawa ke rumah sakit aja, ya sudah dilarikan di RS, langsung masuk ICU,” pungkasnya.

3. Demensia alzheimer

Artis berusia 58 tahun ini diketahui juga mengidap sakit demensia alzheimer. Dimana, daya ingatnya berkurang dan sering kali mengalami kebingungan akibat hal tersebut.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Dorce Gamalama Dimakamkan Sesuai Wasiatnya?

Penyakit Dorce Gamalama itu diutarakan oleh kerabatnya, Hetty Sunjaya. Sebelumnya, Hetty Sunjaya juga menuturkan soal kondisi terkini artis senior itu yaitu wajah dan tangannya bengkak.

“Demensia alzheimer, bunda itu diserang demensia alzheimer. Jadi sedikit kadang lupa. Kalau kita tanya jawabnya nggak singkron,” kata Hetty Sunjaya saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,  Rabu (27/10/2021).

Diketahui Dorce Gamalama juga mengidap penyakit demensia alzheimer karena saat berinteraksi, artis senior itu terlebih dahulu mulai sering berpikir untuk mencerna. Kadang kali ia lupa dengan lawan bicaranya.  “Beraksi, cuma ya tahu, kadang-kadang dia mikir dulu ini siapa gitu. Jadi dia mungkin loading ya, loading dulu,” ujar kerabat Dorce Gamalama lainnya, Fenty Nur, dalam kesempatan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya