Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan.
Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini
SOLOPOS.COM - Monstera oblique. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tidak peduli apa jenis-jenis Monstera yang Anda miliki di rumah, Anda tetap perlu memberi mereka pupuk supaya tetap sehat. Sama seperti tanaman lain, mereka butuh nutrisi supaya tumbuh sehat.

Sama seperti tanaman lain, Monstera juga butuh nutrisi yang diperoleh dari pupuk. Tanaman biasanya menciptakan energi mereka dari air, karbondioksida, dan Matahari. Selain itu, mereka juga butuh nutrisi untuk melengkapi proses fotosintesis tersebut.

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan. Anda harus mengetahui kapan, bagaimana, dan nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tanaman Anda.

Baca Juga: Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Di alam, tanaman butuh 17 nutrisi untuk membuat mereka tumbuh sehat dan subur. Namun mereka butuh kandungan yang berbeda-beda untuk setiap nutrisi. Semua tanaman butuh tiga elemen dalam jumlah besar besar yang disebut dengan nutrisi makro, NPK.

Nah sebelum Anda memberikan nutrisi, sebaiknya kenali terlebih dahulu tanda-tanda Monstera Anda butuh pupuk. Berikut ini tanda-tandanya seperti dikutip Solopos.com dari Petal Republic, Kamis (16/9/2021) :

1. Pertumbuhan lambat

Tanda pertama Monstera butuh pupuk adalah pertumbuhan lambat. Jadi sekali pun tanaman mendapat banyak cahaya dan air tetap saja tidak bertumbuh. Bisa jadi mereka membutuhkan nutrisi tambahan.

2. Daun berwarna kuning

Daun berwarna kuning memang bisa jadi pertanda sejumlah masalah misalnya kebanyakan air, kekurangan air, dan suhu yang terlalu dingin. Kendati demikian, hal itu bisa juga berarti bahwa tanaman Anda butuh beberapa dosis pupuk.

Baca Juga: Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Apakah semua jenis Monstera  butuh pemupukan? Meski pun ada banyak jenis Monstera, mereka semua tetap butuh pupuk. Termasuk Monstera deliciosa, Monstera adansonii, dan Monstera variegata. Kendati demikian tanaman ini tidak butuh banyak nutrisi, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering melakukan pemupukan.

Sebelum Anda mulai memberikan nutrisi kepada tanaman, sangat penting untuk memahami kapan dan seberapa sering melakukan hal itu. Meski pun pemberian nutrisi bisa membantu pertumbuhan tanaman, namun jika terlalu banyak justru bisa berdampak buruk terhadap tanaman. Beberapa hal yang harus diperhatikan:

Baca Juga: Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

1. Terlalu banyak pupuk

Jika Anda terlalu sering memberikan pupuk, maka bisa berdampak buruk terhadap tanaman Anda. Beberapa tanda Monstera kebanyakan pupuk adalah daun berwarna kecokelatan atau menguning dan pertumbuhan terhenti. Indikator lainnya adalah terlihat adanya kerak di permukaan tanah, yang merupakan penumpukan pupuk.

2. Memberikan pupuk yang salah

Jika Anda memberikan pupuk yang salah, Anda memberikan nutrisi yang tidak dibutuhkan oleh Monstera tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan hingga kekurangan nutrisi lainnya.

 

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago