SOLOPOS.COM - Ritual budaya yang digelar di Tugu Pal Putih diikuti para prajurit Bregada Rakyat, Minggu (4/9/2022) sore. - Harian Jogja/Sunartono.

Solopos.com, JOGJA — Di Jogja ternyata terdapat deretan nama jalan yang justru terkenal dengan akronimnya. Bahkan, singkatan nama jalan tersebut kerap disebutkan oleh masyarakat Jogja dibandingkan nama panjangnya.

Bukan hanya terkenal dengan wisata dan kulinernya, ternyata Jogja juga tersohor dengan nama jalannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu jalan ternama di daerah ini ada Malioboro. Jalan ini begitu ramai dipadati wisatawan. Bahkan, wisatawan rela antre untuk berfoto di papan Jalan Malioboro yang terletak di bagian utara dekat Stasiun Tugu Yogyakarta.

Selain Malioboro, ada nama jalan lainnya di Jogja yang justru dikenal dengan nama akronimnya. Berikut ini di antaranya.

Baca Juga: BPS Sragen Buka Ribuan Lowongan Kerja, Ini Syarat & Dokumen yang Disiapkan

Singkatan Nama Jalan di Jogja

  1. Jakal

Jakal atau Jalan Kaliurang ini letaknya begitu strategis karena diakses para wisatawan untuk menuju destinasi wisata yang ada di Kaliurang. Di Jalan Kaliurang ini juga terdapat dua kampus ternama, yakni Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia.

  1. Jamal

Selain Jakal, akronim nama jalan di Jogja yang terkenal juga ada Jamal atau Jalan Magelang. Jalan ini menghubungkan Kota Jogja dengan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Baca Juga: Hore! Tarif BST Solo Terbaru Tetap Gratis Meski Harga BBM Naik

  1. Tamsis

Tamsis atau Taman Siswa juga merupakan salah satu jalan yang lebih terkenal dengan nama akronimnya. Di ruas jalan ini terdapat padepokan Ki Hadjar Dewantara yang mendirikan sekolah bernama Taman Siswa.

  1. Jawon

Jawon alias Jalan Wonosari ini menghubungkan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga: 4 Dokumen yang Harus Dibawa saat Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Jateng

  1. Jaim

Selain Jawon, ada juga jalan yang terkenal dengan nama akronimnya, yakni Jaim alias Jalan Imogiri. Jalan ini terletak di Bantul dan terkenal dengan keindahan alamnya.

  1. Jago

Kemudian ada juga Jago alias Jalan Godean. Jalan ini menghubungkan antara Kota Jogja dengan Kecamatan Godean di Sleman.

  1. Monjali

Nama jalan di Kota Jogja yang terkenal dengan akronim lainnya ada Monjali. Jalan ini berada di utara Tugu Yogyakarta. Jalan ini juga berdekatan dengan Monumen Jogja Kembali.

Baca Juga: Profil Abdullah Azwar Anas yang bakal Dilantik jadi Menpan RB Hari Ini

  1. Japar

Ada juga Japar atau Jalan Parangtritis yang lebih terkenal dengan akronimnya. Di jalan yang membentang dari Pojok Beteng Timur hingga Pantai Parangtritis ini ada kampus Institus Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

  1. Concat

Bukan hanya jalan, ada juga nama daerah yang lebih terkenal dengan akronimnya. Kepanjangan Concat adalah Condong Catur, salah satu desa yang ada di Depok, Selamn.

  1. Jokteng

Jokteng atau Pojok Beteng merupakan salah satu tempat di Jogja yang sangat terkenal. Pojok Beteng merupakan bangunan berupa beteng yang menjadi pembatas wilayah Keraton Jogja. Ada dua Jokteng di sini, yakni Jokteng Timur dan Jokteng Barat.

Baca Juga: Disebut Bisa Jadi Obat, Ini Hukum Makan Bekicot dalam Islam

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya