SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Solopos.com, SOLO-Sebelum mengalami pendarahan otak, Tukul Arwana menempuh perjalanan karier yang berliku. Bisa disebut dia berangkat dari nol hingga akhirnya mendulang kesuksesan seperti sekarang.

Sembari mendoakan kesembuhan Tukul Arwana, mari kita simak kembali perjalanan karier pria yang mempopulerkan kalimat “Kembali ke laptop” itu. Bapak dua anak itu kini bisa menikmati kesuksesan sebagai komedian sekaligus presenter dalam berbagai program televisi Indonesia. Salah satunya adalah program talkshow Tukul Arwana One Man Show.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bukan perjalanan karier yang mudah bagi Tukul Arwana untuk mencapai posisinya saat ini hingga membuat namanya dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ia tidak datang dari keluarga dengan latar belakang perekonomian yang baik. Bahkan, Tukul pernah menjadi sopir untuk membantu perekonomian keluarganya.

Baca Juga: Duh! Pesawat Air India Tersangkut di Bawah Jembatan Layang

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu (6/10/2021),  pemilik nama asli Tukul Riyanto ini lahir di Purwosari, Semarang, pada 16 Oktober 1963. Bakat untuk melawak sudah terlihat dalam diri Tukul sejak duduk di bangku sekolah dasar  (SD).

Alhasil, ia mulai mengikuti berbagai perlombaan melawak, mulai dari tingkat Semarang hingga nasional. Tukul diangkat menjadi anak oleh tetangganya yang bernama Suwandi. Namun, keluarga angkatnya mengalami kesulitan perekonomian saat Tukul duduk di bangku kelas IX sekolah menengah pertama (SMP). Tak tinggal diam, Tukul mulai bekerja untuk mencari tambahan penghasilan.

Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA), Tukul pernah menjadi sopir angkutan umum dan sopir truk. Meskipun demikian, ia tidak meninggalkan minatnya dalam dunia komedi.

Tukul memutuskan untuk pindah ke Jakarta pada 1992. Akan tetapi, perjuangannya untuk memperbaiki perekonomian keluarga masih belum berakhir. Ia sempat menjadi sopir pribadi di kota metropolitan itu.  Tiga tahun berikutnya yaitu pada 1995, Tukul menikah dengan istrinya, Susiana. Setelah menikah, ia bekerja di Radio Humor SK. Bagito, Patrio, dan Ulfa Dwiyanti juga diketahui bekerja di tempat yang sama.

Baca Juga: Ketiak Berwarna Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Menurut pengakuan Tukul Arwana di channel Youtune Rans Entertainment berjudul Raffi Gigi Kaget! Tukul Punya 200 Kontrakan dan 15 Motor Mobil, waktu itu dia hanya mendapatkan penghasilan Rp75.000. Padahal sewa kontrakan yang dia tempati bersama istri adalah Rp150.000.

Tukul mendapatkan kesempatan menjadi model video klip lagu Air yang dibawakan oleh penyanyi cilik Joshua Suherman pada 1997.

Roda kehidupannya mulai berputar, perjalanan karier Tukul Arwana mulai menampakkan titik terang. Ia mendapatkan berbagai penawaran untuk menjadi pengisi acara televisi.  Tukul diberikan kepercayaan untuk memandu program talkshow bernama Empat Mata yang tayang pada 2006. Program tersebut berhasil meraih kesuksesan besar.

Popularitas Tukul semakin meningkat. Ia dipercaya menjadi bintang iklan berbagai produk dan bermain dalam film layar lebar Otomatis Romantis dan Cinlok pada 2008.

Selain berkiprah di dunia entertainment, Tukul juga memiliki bisnis sampingan dalam bidang kuliner dan kontrakan. Ia membuka restoran yang menjual bakso, serta kontrakan dan indekos yang totalnya mencapai 200 kamar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya