SOLOPOS.COM - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono. (Antara-Divisi Humas Polri)

Solopos.com, JAKARTA – Terduga teroris berencana memanfaatkan momen Hari Kemerdekaan RI untuk menebar aksi teror. Sebelum rencana itu diwujudkan, sebanyak 53 orang terduga teroris ditangkap Densus 88 selama medio Agustus 2021 atau menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

“Ini sesuai dengan keterangan dari beberapa tersangka yang kita lakukan penangkapan, ya memang kelompok JI sendiri dan dia ingin menggunakan momen 17 Agustus, Hari Kemerdekaan [untuk meneror],” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Argo mengatakan rencana aksi teror tersebut bisa digagalkan. Polri telah menangkap para terduga teroris itu sejak 12 Agustus hingga 17 Agustus 2021.

Baca Juga: Wow! Persika Karanganyar bakal Bangun Training Ground

“Sebelumnya sudah kita lakukan penangkapan atau pengamanan terhadap beberapa orang, 53 orang yang tersebar di 11 provinsi yang dimulai tanggal 12 Agustus sampai 17 Agustus,” ucapnya.

Seperti diketahui, terakhir Densus 88 Antiteror Polri menangkap lima terduga teroris di empat wilayah. Mereka diketahui berasal dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

“Lima tersangka teroris ditangkap pada Senin (16/8) dan Selasa (17/8), kelompok JI,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (19/8).

Baca Juga: Hari Ini Kasus Positif Covid-19 Bertambah 20.004, Jawa Barat Terbanyak

Kelima orang itu berinisial CA, AF, SAT, AMR, dan NW. Mereka ditangkap di wilayah Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumatra Utara (Sumut), dan Maluku.

Dengan penambahan lima tersangka teroris yang ditangkap, kini Densus telah menangkap 53 orang sejak Kamis (12/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya