SOLOPOS.COM - Lokasi warga Kanoman, Karangnongko, Trimo Lewong, 65, dibunuh di Bangunrejo Kidul RT 007/RW 004, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Sabtu (23/10/2021). (Espos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul RT 007/RW 004, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Klaten, tega membunuh teman karibnya Trimo Lewong, 65, warga Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 20.00 WIB.

Di desanya, Soleman dikenal jagoan kampung setempat yang berwatak temperamental dan sering mabuk-mabukan di rumahnya. Di kampungnya, tak ada tokoh masyarakat yang berani mengingatkan yang bersangkutan agar tak menggelar pesta minuman keras (miras) di rumahnya.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Baca Juga: Tersangka Pembunuh Sahabat Karib di Klaten, Hidup Sendiri di Rumah

Warga di Bangunrejo Kidul sudah tak peduli dengan segala aktivitas yang dilakukan Soleman yang sebelumnya bekerja sebagai pengrajin batu bata itu. Bahkan, istri dan anak-anak Soleman memilih tinggal di Bandung sejak tiga tahun terakhir karena tidak kuat mendapat perlakuan kasar dari Soleman.

Sebelum membunuh temannya asal Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Soleman terlibat perkelahian dengan warga asal Prambanan, belum lama ini. Bahkan, Soleman pernah menusuk lawannya dengan senjata tajam.

Ketua RT 007 Dukuh Bangunrejo Kidul, Granting, Jogonalan, Dalinah, mengatakan warga di daerahnya sudah tak peduli dengan nasib Soleman. Di daerahnya, tak ada satu pun warga dan tokoh masyarakat (tomas) yang berani menegur atau mengingatkan Soleman agar tak sering mabuk-mabukan di rumahnya.

Baca Juga: 6 Fakta Terkait Pembunuhan Teman Karib di Klaten

“Soleman itu awalnya bekerja sebagai tukang bikin batu bata. Sejak tiga tahun terakhir bekerja sebagai tukang serabutan,” kata Dalinah saat ditemui Solopos.com di Jogonalan, Sabtu (23/10/2021).

Sekretaris Desa (Sekdes) Granting, Kecamatan Jogonalan, Jumakir, mengatakan Soleman memang dikenal memiliki watak temperamental. Sebelum membunuh temannya asal Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Soleman terlibat perkelahian dengan warga asal Prambanan, belum lama ini.

“Dulu juga sempat menusuk orang waktu dulu,” katanya.

Baca Juga: Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Eddy Suryana, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan aksi yang melatarbelakangi Soleman membunuh temannya asal Karangnongko berawal dari salah paham.

“Motifnya karena miras dan terjadi salah paham. Selama ini, kami sudah memeriksa dua saksi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya