SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksin di PT KAI Daop VI Yogyakarta.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta terus berupaya untuk turut serta memutus rantai persebaran Covid-19 dan sekaligus berperan dalam meningkatkan imunitas masyarakat dengan melayani vaksinasi.

Salah satunya dengan vaksinasi terhadap seluruh pegawai KAI Daops VI, yakni pemberian dosis pertama sudah mencapai 80% dan dosis kedua 28%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan KAI terus berkoordinasi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memberikan layanan vaksinasi.

Baca Juga: Tarif Tes PCR Turun, Bisakah Dongkrak Jumlah Penumpang Pesawat?

“Khusus untuk vaksinasi pegawai KAI Daops VI sampai 18 Agustus 2021 telah divaksin sebanyak 3.462 untuk dosis pertama dan 1.236 untuk dosis dua. Secara persentase, dari total 4.339 jumlah pegawai KAI Daop VI yang terdaftar, maka untuk dosis pertama tercapai 80% dan untuk dosis kedua baru tercapai 28%,” ungkap dia, kepada wartawan, Senin (23/8/2021).

Vaksinasi pegawai KAI Daops VI dilaksanakan di beberapa lokasi, yakni di RS Jiwa Solo, RSUD Klaten, Bidokkes Polda DIY, BPTT KAI, dan Dinas Kesehatan Kulonprogo. Para pegawai KAI yang divaksin berasal dari level manajemen hingga pelaksana di bidang operasional, frontliner, dan administrasi.

Supriyanto menjelaskan program vaksinasi ini juga sangat penting bagi para pekerja KAI yang merupakan petugas pelayanan publik. Vaksinasi ini diharapkan memberikan perlindungan terhadap para pekerja KAI sehingga tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan kereta api.

Baca Juga: Mal di Kota Solo Uji Coba Pakai Aplikasi dan Wajib Vaksin, Seperti Apa Ya?

Di sisi lain, KAI Daops VI Yogyakarta bekerja sama dengan beberapa instansi kesehatan daerah maupun provinsi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan pelaksanaan kegiatan vaksinasi dipusatkan di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Klinik Mediska Yogyakarta. KAI telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan KA maupun masyarakat umum sebanyak 4.827 orang hingga Minggu (22/8/2021).

“Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi dan sinergi antara lembaga pemerintah dan daerah harus berjalan cepat dan strategis. Ini momen krusial agar kita semua bisa mempercepat program Indonesia sehat demi mendukung Indonesia bekerja,” imbuh dia.

Keluarga Pekerja KAI

Di samping itu, Klinik Mediska KAI Daops VI Yogyakarta juga mendapatkan tambahan 5.700 dosis vaksin atau 570 vial dari Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Vaksin tersebut di antara akan digunakan khusus untuk vaksinasi keluarga pekerja KAI di wilayah Daop VI Yogyakarta. Pemberian dosis vaksin ini sebagai tindak lanjut permohonan KAI kepada Kementerian Kesehatan untuk memberikan dosis vaksin kepada 14 Klinik Mediska KAI di seluruh wilayah kerja.

“Kegiatan vaksinasi ini tentu dibutuhkan dalam rangka percepatan proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia khususnya bagi para pegawai KAI,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya