SOLOPOS.COM - Laman pengecekan Sipol

Solopos.com, WONOGIRI–Jumlah warga Kabupaten Wonogiri yang tercatat dalam keanggotaan partai politik tanpa sepengetahuan mereka terus bertambah.

Berdasar data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri hingga Minggu (30/10/2022), jumlahnya sebanyak 218 warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Kepala Subbagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya. Sebanyak 218 warga tersebut merupakan jumlah yang diakumulasi sejak dibukanya laporan.

Angka itu bisa bertambah karena pelaporannya dibuka hingga sebelum hari penetapan peserta Pemilu 2024, 14 Desember 2022. Warga Wonogiri yang merasa namanya dicatut dalam keanggotaan partai politik, selanjutnya diminta datang ke Kantor KPU Wonogiri.

Kedatangan mereka untuk dipertemukan dengan partai politik pencatut. Tujuannya yakni mengklarifikasi benar tidaknya pencatatan nama warga yang merasa tak masuk keanggotaan partai politik, yang diketahui dari laman infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

Disinggung soal jadwal pelaksanaan klarifikasi keanggotaan partai politik, lelaki yang akrab Sahid itu belum dapat memastikan. “Kami baru concern [konsentrasi] verifikasi faktual ke partai politik,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (31/10/2022).

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengatakan jumlah ratusan warga yang merasa tercatut partai politik merupakan kabar baik. Sebab, hal itu menunjukkan warga sadar berdemokrasi.

Toto menambahkan sejauh ini partai politik mengaku tak tahu bahwa warga yang tercatut masuk dalam keanggotaan partai mereka. Di sisi lain, warga yang namanya dicatut juga tidak ada yang marah.

“Rata-rata partai politik enggak tahu. Sejauh ini dari klarifikasi yang sudah dilakukan, tidak ada warga yang marah. Setelah diklarifikasi, hasilnya dijadikan laporan berita acara. Kami terus menunggu sampai 14 Desember 2022 nanti,” ungkapnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (29/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya