SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana tes Computer Assisted test (CAT). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Sejumlah 1.457 peserta tes calon pegawai negeri sipil atau CPNS akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun 2021 setelah lolos SKD.

Pada tahap ini, akan tersaring peserta untuk mengisi 546 formasi CPNS. Adapun waktu pelaksanaan SKB pada 3- 6 Desember 2021 di Gelanggang Olahraga (GOR) Amongrogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Jogja, Gunawan Adhi Putra mengatakan apabila total peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemkot Jogja tahun 2021 sejumlah 19.127 orang.

“Peserta yang berhak mengikuti tes SKB diambil sebanyak tiga kali dari kebutuhan tiap formasi. Secara teknis aturan dan protokol kesehatan pelaksanaan tes SKB sama dengan saat tes SKD,” kata Gunawan, Selasa (23/11/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Pemkot Jogja Coret 895 Calon Penerima Bansos

Tes SKB CPNS Kota Jogja menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara. Ada tiga sesi pelaksanaan tes SKB setiap harinya, dengan jumlah sekitar 150 peserta tiap sesi. Namun untuk hari Jumat, hanya ada dua sesi dan hari terakhir satu sesi. Dalam tes SKB ini, peserta yang positif Covid-19 tetap bisa mengikuti tes sesuai jadwal dengan prokes ketat.

Peserta yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi wajib melaporkan maksimal H-1 pelaksanaan seleksi kepada Panitia Seleksi. Peserta tersebut perlu menunjukan bukti surat rekomendasi dokter dan atau hasil swab Antigen atau swab PCR. Serta keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang. Peserta positif Covid-19 akan ditempatkan pada ruang khusus dan terpisah dengan peserta lain.

“Sejak yang bersangkutan mulai datang sampai mengikuti tes SKB prokesnya berbeda dengan peserta lain. Ada ruang khusus untuk peserta positif Covid-19 dan petugas khusus yang mengurus administrasinya. Tidak campur dengan jalur peserta yang tidak positif sehingga peserta lain tidak perlu khawatir,” kata Gunawan.

Baca juga: Cari Pakan Ternak, Pria di Kulonprogo Dilaporkan Hilang Misterius

Terkait jadwal SKB CPNS Kota Jogja tahun 2021, peserta bisa melihat di laman https://bkpp.jogjakota.go.id. Adapula kisi- kisi materi SKB sudah diterbitkan melalui Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/1625/M.SM.01.00/2021. Serta sudah diunggah di web BKPSDM Pemkot Jogja.

“Kami harap peserta menjaga kesehatan dan menerapkan prokes sehingga bisa mengikuti ujian SKB. Semua persyaratan prokes saat pelaksanaan SKB seperti memakai dobel masker, face shield dan sarung tangan agar ditaati. Itu untuk keselamatan semua karena bertemu banyak orang,” kata Gunawan.

Sebagai pengingat, Gunawan mengimbau peserta ujian tidak perlu mempercayai pihak yang menjanjikan kelulusan SKB. Hal itu merupakan penipuan. Selain itu, tidak boleh pula curang selama tes, karena peserta akan digugurkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya