SOLOPOS.COM - Sebaiknya berapa bulan sekali harus ganti oli motor. (Moladin.com)

Solopos.com, SOLO — Pemilik sepeda motor harus rajin merawat motor termasuk ganti oli. Lantas sebaiknya berapa bulan sekali harus ganti oli motor.

Kenapa sepeda motor harus ganti oli, hal ini tidak terlepas dari fungsi dari oli tersebut sebagai pelumas dan mengurangi gesekan komponen agar mesin bekerja dengan baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, seperti dikutip dari Hondacengkareng dan Moladin, oli juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang timbul dari gesekan komponen dalam mesin.

Lalu sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol sehingga suara mesin lebih halus.

Tak hanya itu, oli motor juga menjadi pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Anti karat dengan melapisi bagian logam sehingga tidak kontak langsung dengan udara atau air.

Baca juga: Mobil Paling Tidak Laku di Indonesia Selama 2021, Apa Saja

Mengingat fungsi penting dari oli untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor. Tentu muncul pertanyaan sebaiknya berapa bulan sekali harus ganti oli motor.

Sebelum membahas hal itu, untuk mengganti oli motor sebaiknya gunakan oli yang kualitasnya bagus. Karena semakin bagus oli, semakin bagus pula performa mesin sepeda motor.

Namun ingat, Anda tidak dapat menggunakan sembarang jenis oli. Sebaiknya sesuaikan atau konsultasikan dulu mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe sepeda motor Anda.

Selain itu sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli agar tidak merusak mesin motor anda.

Baca juga: Cara Lengkap Menggunakan MyPertamina Untuk Beli BBM

Untuk itu sebaiknya berapa bulan sekali harus ganti oli motor? Umumnya, proses penggantian oli motor berkisar pada 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli lebih cepat.

Namun, untuk menjaga performa mesin motor agar tetap stabil, sebaiknya mengganti oli motor secara rutin setiap dua bulan sekali atau 2.000 kilometer.

Apabila aktivitas sehari-hari membutuhkan perjalanan yang jauh maka jika merasakan tarikan mesin tidak maksimal, bisa ganti oli kurang dari dua bulan.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya