SOLOPOS.COM - Kondisi lalu lintas di sekitar simpang Tugu Makutho, Solo, pada hari terakhir Muktamar Muhammadiyah, Minggu (20/11/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas (lalin) di Kota Solo pada hari terakhir penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Minggu (20/11/2022), ramai lancar. Penumpukan kendaraan di persimpangan lalu lintas atau traffic light tidak seramai hari sebelumnya, Sabtu (19/11/2022).

Saat itu ada agenda pembukaan Muktamar ke-48 dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemungkinan para pejabat dari Ibu Kota banyak yang sudah pulang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Begitu juga dengan para penggembira Muktamar yang hari sebelumnya menginap di Soloraya, sebagian besar sudah pulang ke daerah asal. Hal itu terlihat dari pantauan arus lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan di Kota Bengawan, seperti Jl Adi Sucipto, Jl Adi Soemarmo, maupun Jl Ahmad Yani.

Seperti lalu lintas kendaraan Jl Adi Sucipto tepatnya di Simpang Tugu Wisnu dan Simpang Markas Brimob Solo saat lampu merah normal seperti hari-hari biasa. Kondisi yang sama terjadi di Simpang Gapura Makutha di perbatasan area Solo.

Kepadatan arus kendaraan hanya terlihat di depan Gedung Edutorium UMS di mana kegiatan Muktamar masih berlangsung. Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin, pada Minggu malam.

Baca Juga: Penggembira asal Medan Meninggal saat Ikuti Muktamar Muhammadiyah di Solo

Seorang pengguna jalan, Danang, menuturkan arus lalu lintas di Solo pada Minggu memang sudah relatif lancar. Kerumunan atau aktivitas para penggembira Muktamar hanya terpantau di lokasi-lokasi tertentu. Kondisi itu berbeda dengan dua hari sebelumnya.

Area Masjid Sheikh Zayed

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengonfirmasi relatif lancarnya arus lalu lintas di ruas-ruas jalan Kota Bengawan. Menurut dia, arus lalu lintas yang masih padat hanya di sekitar Simpang Ngemplak dan Simpang Gilingan.

Kepadatan itu dikarenakan banyak masyarakat yang ingin melihat atau mengunjungi Masjid Raya Syeikh Zayed di Gilingan. “Alhamdulillah arus lalu lintas lancar. Kepadatan hanya di Jl Ahmad Yani, Simpang Empat Ngemplak hingga Simpang Tiga Gilingan,” urai dia.

Baca Juga: Padat! Jalan Utama hingga Jalur Tikus Kartasura Penuh Bus Muktamar Muhammadiyah

Sejumlah pedagang di Jl Adi Sucipto juga mengonfirmasi sudah berkurangnya para penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Menurut mereka sebagian penggembira sudah kembali ke daerahnya, sehingga arus lalu lintas mulai lancar.

Seperti disampaikan pedagang hik di Jl Adi Sucipto, Yulianto. “Puncak keramaian Muktamar sudah pada hari Jumat-Sabtu. Hari ini sudah mulai menurun, karena memang sudah banyak penggembira Muktamar yang kembali ke daerahnya masing-masing,” katanya.

Penuturan senada disampaikan pedagang kaus musiman asal Jakarta Timur (Jaktim), Rahmat, 19. Dia berencana kembali ke Jakarta hari ini karena para penggembira Muktamar sudah kembali ke daerah mereka. Selain itu kegiatan Muktamar akan ditutup malam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya