Sebagian Orang Kerap Menggesekkan Kaki Di Tempat Tidur, Pertanda Apa?

Sebagian orang mungkin mempunya kebiasaan yang lakukan sebelum tidur. Salah satunya ialah dengan menggesekkan kaki di tempat tidur. Pertanda apa?
SHARE
Sebagian Orang Kerap Menggesekkan Kaki Di Tempat Tidur, Pertanda Apa?
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO--Sebagian orang mungkin mempunyai begitu banyak hal dan kebiasaan yang lakukan sebelum tidur. Salah satunya ialah dengan menggesekkan kaki di tempat tidur.

Mungkin tak sedikit dari kalian yang kerap melakukannya dan berpikir ini hanyalah kebiasaan yang tak berlandasan. Tetapi, rupanya ada beberapa alasan mengapa orang kerap melakukan hal tersebut, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Murah Dan Akurat, Ini Fakta GeNose Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

1. Tanda gangguan tidur

Menggesekkan kaki di tempat tidur mungkin tidak berbahaya. kondisi tersebut disebut gangguan tungkai periodik yang memengaruhi kaki. Hal ini bisa menyebabkan kaki kram dan membuat kalian tersentak berulang kali saat tidur.

Bahkan, ini dapat berdampak negatif pada kalian dan menyebabkan kantuk di siang hari. Apalagi, jika kalian menggerakkan dan menggosok kaki secara ritmis di tempat tidur secara sering.

2. Kondisi medis lain

Jika kalian merasakan sensasi di kaki saat berbaring dan menggosokkan merupakan cara untuk meredakan nyeri, itu bisa berarti kalian mengalami sindrom kaki gelisah atau Restless Leg Syndrome (RLS).

Ini adalah gangguan sensorik neurologis yang membuat kalian tidak bisa beristirahat dengan baik. Kondisi ini menimbulkan dorongan kuat untuk menggerakkan dan menggesekkan kaki. Sensasi tersebut bisa berupa rasa gatal, geli, kesetrum, kesemutan, nyeri, kram, atau seperti ada serangga sedang merayap di bawah kulit.

Hal ini biasanya terjadi ketika penderitanya sedang istirahat, terutama di malam hari, hingga dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur Untuk memastikannya, kalian perlu berkonsultasi dengan dokter.

3. Cara menenangkan diri yang tidak disadari

Kulit dikenal sangat sensitif terhadap rangsangan luar. Menggesekkan kaki sebelum tidur, mungkin bisa menjadi hal yang ampuh untuk melepas lelah setelah seharian penuh stres.

Beda dengan Sebelumnya, Wagub Emil Sebut Mekanisme PSBB Jatim Masih Dirumuskan

4. Hanya sebuah kebiasaan

Menggesekkan kaki sebelum tidur mungkin hanyalah sebuah kebiasaan saja dan tak ada kaitannya dengan kondisi medis atau fenomena fisiologis tertentu. Banyak orang benar-benar menggosokkan kaki mereka di tempat tidur tanpa menyadarinya.

Meski pada awalnya, itu terjadi karena salah satu alasan yang disebutkan di atas. Namun, itu juga bisa saja berubah menjadi sebuah kebiasaan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago