SOLOPOS.COM - Atlet dayung putra Indonesia Marjuki (kanan) memacu kecepatan pada final kano nomor C1 1000 meter putra SEA Games ke-28 di Teluk Marina , Singapura, Sabtu (6/6). Marjuki mempersembahkan medali emas pertama bagi Indonesia. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Rei/nz/15.

SEA Games 2019 akan digelar empat tahun lagi. Filipina menyatakan siap menjadi tuan rumah.

Solopos.com, MANILA — Filipina menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2019 setelah Brunei Darussalam dan Vietnam menolak menggelar pesta olahraga Asia Tenggara itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Senin (13/7/2015), juru bicara Komite Olimpiade Filipina, Joy Romasanta, mengungkapkan penunjukan Filipina sebagai tuan rumah telah disetujui dalam sidang Federasi SEA Games di Singapura, Juni lalu. “Brunei yang seharusnya mendapat giliran menjadi tuan rumah SEA Games  2019 mengundurkan diri karena alasan organisasi,” kata Joey Romasanta.

Vietnam yang menjadi tuan rumah SEA Games 2021 belakangan juga menolak menjadi tuan rumah SEA Games 2019 sehingga penyelenggaraan ditawarkan ke Filipina.

Tunggu Undangan Resmi
Federasi SEA Games masih harus menerbitkan undangan resmi untuk Filipina, tapi pada prinsipnya negara itu siap menjadi tuan rumah SEA Games 2019. “Kami siap untuk menjadi tuan rumah, tapi masih ada formalitas yang harus dilewati,” katanya.

Romasanta mengatakan, Filipina yang mengalami masalah keuangan itu kemungkinan tidak akan membangun arena baru untuk SEA Games 2019, tapi memanfaatkan yang sudah ada. Sementara SEA Games 2017 akan digelar di Malaysia.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kontingen Thailand di SEA Games 2015 menjadi juara umum setelah membawa pulang 95 medali emas, 83 perak dan 69 perunggu. Negeri Gajah Putih itu mengungguli tuan rumah Singapura yang berada di peringkat kedua yang mengumpulkan 84 medali emas, 73 perak dan 102 perunggu.

Kontingen Indonesia berada di peringkat kelima, setelah mengumpulkan 47 medali emas, 61 perak dan 74 perunggu. Medali emas terakhir kontingen Indonesia diraih dari cabang olahraga bulu tangkis. Prestasi kontingen Indonesia di SEA Games 2015 yang berada di peringkat kelima, membuat Indonesia mengulangi pencapaian terburuk pada 2005 lalu, yang juga berada di peringkat kelima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya