SOLOPOS.COM - Pasangan ganda Indonesia, Angga Pratama/Rian Agung Saputra. dokJIBI/SOLOPOS/Badmintonindonesia.org

Solopos.com, NAYPYITAW – Indonesia tampaknya masih layak dianggap sebagai raja cabang olahraga bulu tangkis di Asia Tenggara. Ini menyusul kepastian Kontingen Merah Putih yang meloloskan tujuh wakilnya di cabang tepok bulu itu pada ajang SEA Games 2013 Myanmar.

Dilansir Antara, pada pertandingan di Wunna Theikdhi Indoor Stadium, Naypyitaw, Myanmar, Kamis (12/12/2013),  wakil Indonesia yang menjadi andalan mampu lolos dengan mudah setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak perempat final.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Atlet Indonesia yang pertama melangkah ke semifinal bulu tangkis SEA Games 2013 adalah pasangan ganda putra, Rian Agung/Angga Pratama,  yang di babak perempat final menang WO atas pasangan Thailand, Ampunsuwan/Avihingsanon.

Di babak semifinal yang akan digelar di Wunna Theikdi Indoor Stadium C, Jumat (13/12/2013), pasangan Rian/Angga akan menghadapi pasangan ganda putra asal Malaysia, Khim Wah Lim/Yoa Han Ow, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Vietnam, Minh Bao/Nguyen Khang, 22-20, 19-21, 21-12.

Selain Rian/Angga, ganda putra juga meloloskan pasangan Berry Angriawan/Suwardi Karanda ke semifinal yang selanjutnya akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, V Shem Goh/Kok Siang Teo.

Selanjutnya, ganda putri Nitya Krishinda/Greysia Polii, yang ke semifinal setelah mengalahkan pasangan Vietnam Thu Huyen Le/Nhu Thao Pham dengan dua set langsung 21-15 dan 21-11.

Meski lawan yang dihadapi kualitasnya masih di bawah, pemain Indonesia sempat kerepotan. “Kami pikir akan mudah dikalahkan, tetapi kenyataan di lapangan beda. Maka, kami dituntut tidak boleh meremehkan lawan. Kami harus tenang untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” kata Nitya Krishinda, usai pertandingan.

Di babak semifinal pasangan Nitya/Geysia akan berhadapan dengan pasangan asal Thailand, Taerattanachai Sapsiree/Supajirakul Puttita, yang di babak perempat final mengalahkan pasangan asal Malaysia, Yin Loo Lim/Meng Yean Lee, dengan dua game langsung, 21-13 dan 21-14.

Dua pemain tunggal Indonesia juga melenggang ke semifinal. Dionysius Hayom Rumbaka melenggang ke semifinal dengan mudah setelah mengalahkan atlet tuan rumah Min Aung Kyi dengan dua set langsung, 21-6, 21-8. Dan, di babak selanjutnya akan berhadapan dengan Tien Minh Nguyen dari Vietnam.

Selain Hayom, atlet tunggal putra Indonesia yang melenggang ke semifinal adalah Wisnu Yuli Prasetyo setelah di perempat final mengalahkan atlet asal Malaysia Iskandar Zulkarnaen dengan 21-10 dan 21-15. Kondisi ini berpeluang terjadinya all Indonesia final dinomor tunggal putra.

Bellaetrix Manuputy melaju ke semifinal setelah mengalahkan pemain Malaysia Li Lian Yang dengan dua game langsung, 21-5, 21-12. Selanjutnya, Bellaetrix akan ditantang oleh atlet asal Thailand, Jindapol Nichaon, yang  mengalahkan Thu Huyen Le dari Vietnam dengan 21-10 dan 21-10.

Atlet Indonesia yang terakhir lolos ke semifinal adalah ganda campuran, Muhammad Rijal/Debby Susanto, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Malaysia, Jian Guo Ong/Yin Loo Lim, secara rubber game, 17-21, 21-10, 21-11.

Di semifinal, Rijal/Debby akan berhadapan dengan andalah Thailand, Supajirakul/Phuangphuapet, yang di perempat final mengalahkan atlet Vietnam, Bao Duc Duong/Thi Hong GT dengan skor 21-14 dan 21-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya