Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

SDN 1 Delegan Sleman Alami Kebakaran Hebat, Kerugian Capai Rp500 Juta

Kerugian yang ditimbulkan dalam kebakaran di SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, mencapai setengah miliar rupiah.
SHARE
SDN 1 Delegan Sleman Alami Kebakaran Hebat, Kerugian Capai Rp500 Juta
SOLOPOS.COM - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi kebakaran di SDN Delegan 1 Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Rabu (10/8/2022) - Harian Jogja/ Abdul Hamied Razak

Solopos.com, SLEMAN — Kebakaran hebat menimpa SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (9/8/2022) malam. Dalam kebakaran itu terdata ada tujuh ruangan yang terbakar termasuk puluhan unit komputer di ruang laboratorium komputer.

Tujuh ruang yang terbakar itu antara lain ruang kelas I, II, III, dan VI, kemudian ruang laboratorium komputer, ruang guru, serta kantor kepala sekolah. Kerugian yang ditimbulkan dalam kebakaran ini mencapai Rp500 juta.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Dari pantauan Harianjogja.com (Solopos Media Group) di lokasi, Rabu (10/8/2022), kobaran api menghanguskan sejumlah gedung di sekolah tersebut. Ruang paling parah terdampak kebakaran ada di ruangan kepala sekolah dan ruang guru. Bagian atap ruangan itu ambruk dan gentengnya berceceran. Tersisa, dinding di ruangan yang terletak di tengah-tengah bangunan.

Hampir semua barang di ruang guru hangus terbakar. Terlihat beberapa guru dan karyawan mengais puing-puing reruntuhan. Mereka membolak-balikkan barang-barang yang tersisa. Beberapa arsip/dokumen siswa dan sekolah ada yang diselamatkan.

Baca Juga: SDN di Sleman Kebakaran, 6 Ruang & Puluhan Komputer Ludes Terbakar

Kepala SDN 1 Delegan, Sartana, mengaku tidak tahu persis kronologi kejadian. Ia menerima kabar, jika sekolah yang dipimpinnya mengalami kebakaran sekitar pukul 19.30 WIB.

“Saya tidak tahu persis kronologinya. Sebab saat kejadian sekolah dalam keadaan kosong. Kemarin malam ada warga yang mengabarkan,” katanya, Rabu (10/8/2022).

Mengenai penyebab kebakaran itu, lanjut dia, berdasarkan asesmen sementara dari Damkar Sleman  diduga karena korsleting listrik.

Baca Juga: Laka Maut Bus Sugeng Rahayu & 2 Motor di Madiun, Sopir Jadi Tersangka?

“Besok kami akan segera rapat dengan para wali murid untuk membahas soal proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar bagi siswa kami prioritaskan agar siswa tidak terganggu,” katanya.

Salah seorang saksi, Joko Susilo, warga Sumberharjo, mengaku saat hendak pulang ke rumah melewati jalan utara sekolah tersebut ia mendengar suara ledakan kencang. Setelah itu, ia berusaha mengecek lokasi ledakan ternyata bersumber dari dalam SDN 1 Delegan. Joko melihat muncul kobaran api dan asap di atas genting sekolah.

Ia berusaha memadamkan api dengan selang air seadanya kemudian meminta bantuan warga setempat. Joko berusaha menghubungi Damkar terdekat.

Baca Juga: Ngawur! Penjaga Kos di Bantul Gelapkan & Jual Tiga Motor Milik Bosnya

Sebanyak lima unit truk Damkar dari Sleman, Bantul dan Kota Jogja berhasil memadamkan kobaran api. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp500 juta.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terbakar, Perbaikan Gedung SDN 1 Degelan Diperkirakan Selesai Desember Mendatang



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode