SOLOPOS.COM - Mantan Presiden SBY berpose di studio lukisnya, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab disapa SBY, akan berobat ke luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat.

Hal itu dikabarkan Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, dari keterangan resmi, Selasa (2/11/2021). “Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” kata dia seperti dikutip Liputan6.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ossy, berdasarkan hasil pemeriksaan, baik melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA), scan, dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diidap SBY masih berada dalam stadium awal.

Baca juga: SBY Pamer Lukisan Replika Jepretan Almarhumah Istri, Langit Senja

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” kata Ossy.

Teknologi Maju

Dia menambahkan setelah dilakukan konsultasi dengan tim dokter Indonesia termasuk para urolog senior, diputuskan pengobatan kanker prostat dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju guna menangani penyakit tersebut.

“Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY,” beber Ossy.

Baca juga: SBY Dapat Ucapan Ultah Ke-72, Ingatkan Kader Demokrat Tetap Konsisten

Dia menjelaskan Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine dan setelah mempelajari semua data kesehatannya menyampaikan optimisme untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

Lebih lanjut, Ossy mengatakan SBY sudah menghubungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Dikatakan olehnya, Jokowi merespons dengan sangat baik dan menyampaikan bahwa satu atau dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bolavoli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain,” pungkas Ossy.

Baca juga: Wow, Selain Mencipta Lagu SBY Juga Seorang Pelukis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya