SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN (DokJIBI/Solopos)

SBMPTN 2017 masih sepi peminat

Harianjogja.com, JOGJA – Antusiasme pendaftar belum terlihat dalam proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 ini. Padahal proses pendaftaran SBMPTN sudah dibuka sejak 11 April lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data pendaftar di Panitia Lokal (Panlok) 46 Yogyakarta belum menunjukkan hasil yang mengembirakan hingga update terakhir, Selasa (18/4/2017). Kepala Bagian Humas Universitas Gadjah Mada (UGM) Iva Aryani mengungkapkan, pendaftar SBMPTN baru sebanyak 4.161. Dari keseluruhan jumlah pendaftar mayoritas masih memilih bentuk tes manual atau paper based test (PBT).

“Ada sebanyak 3.851 pendaftar untuk tes PBT,” ujar Iva kepada Harianjogja.com, Rabu (19/4/2017) siang.

Adapun total 3.851 pendaftar itu keseluruhan untuk Panlok 46 Yogyakarta yang mencakup empat perguruan tinggi, yakni UGM, UNY, UPN Veteran dan UIN Sunan Kalijaga.

UPN Veteran menjadi perguruan tinggi yang paling memikat banyak pendaftar dalam SBMPTN hingga sepekan terakhir ini untuk pendaftar pilihan Soshum. Ada sebanyak 2.070 pendaftar untuk kategori untuk pilihan Soshum dan kategori tes secara PBT.

Sementara dari kampus lain belum ada sama sekali peminat pilihan Soshum yang akan mengikuti tes secara CBT. Selain UPN, pendaftar pilihan Soshum juga mendaftar ke UNY, namun jumlahnya tidak terlalu signifikan. Baru ada 155 pendaftar Soshum di UNY. Itu pun memilih peminatan untuk tes CBT.

Untuk program Saintek, UGM menjadi kampus paling diminati. Tapi jumlahnya juga baru 1.312 pendaftar dan memilih bentuk tes PBT. Baru disusul UNY, tapi jumlahnya terpaut jauh karena hanya ada 55 pendaftar Saintek di kampus itu. Dua kampus peserta SBMPTN, yakni UPN dan UIN belum ada peminatnya untuk pilihan Saintek ini.

Untuk program Campuran, UNY juga masih menjadi paling laris. Tapi jumlah pendaftarnya juga sangat minim, baru sebanyak 55 pendaftar. Data ini adalah update terakhir yang dipantau dari Sekretariat SBMPTN UPN Veteran, Selasa (18/4/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya