SBMPTN 2014 : 27 Peserta Difabel Ujian Bersama Peserta Reguler

SBMPTN 2014 : 27 Peserta Difabel Ujian Bersama Peserta Reguler
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 36.614 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lewat Panitia Lokal (Panlok) 46 Jogja mengikuti ujian tulis, Selasa (17/6/2014). Dari total jumlah peserta, 27 orang di antaranya merupakan peserta berkebutuhan khusus.

Koordinator Humas Panlok 46 Jogja, Anwar Effendi mengungkapkan peserta difabel SBMPTN tidak akan ditempatkan di ruangan secara khusus. Mereka akan berbaur dengan peserta reguler lainnya.

Dari 27 penyandang difabel yang ikut SBMPTN, 14 di antaranya tunanetra. Sementara jumlah tunarungu yakni delapan peserta. Empat peserta mengalami kompleksitas tunarungu dan tunawicara. Satu peserta lagi berkebutuhan khusus karena tidak dapat berjalan dan menulis.

“Lokasi ujian mereka tetap menjadi satu dengan peserta reguler lainnya. Itu terjadi karena pengelompokan peserta tetap berdasarkan nomor urut pendaftaran. Tapi panitia sudah menyiapkan sarana teknis untuk mendukung mereka sehingga tetap terbantu saat mengerjakan ujian,” ujar Anwar saat ditemui Harianjogja.com, Senin (16/6/2014).

Panitia sudah menyiapkan tim yang akan membantu membacakan naskah ujian serta menuangkan jawaban ke lembar jawab komputer (LJK). Hal itu dilakukan karena bentuk naskah ujian sama dengan peserta normal.

Pelaksanaan ujian itu sendiri akan dimulai pukul 07.00 WIB. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan SBMPTN 2014 ini hanya akan berlangsung sehari. Untuk mengakomodasi semua peserta ujian, panitia memakai tiga kampus plus 20 sekolah.

Sebanyak 14.643 peserta dari kelompok ujian Sainteks akan ditempatkan di sejumlah gedung Universitas Gadjah Mada (UGM). Kelompok ujian Soshum yang memiliki 16.565 peserta akan mengikuti ujian di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang hanya memiliki daya tampung 8.400 peserta. Sisanya sebanyak 8.280 akan mengikuti ujian di 20 sekolah yang lokasinya di sekitaran kampus. Sementara kelompok ujian campuran yang jumlahnya 4.698 peserta akan berujian di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago