SOLOPOS.COM - Pelbagai jalur Komunikasi yang disediakan Panitia SBMPTN demi mencegah penipuan. Namun tak sesuai janji, nomor call center yang dicantumkan itu tak diangkat kala dihubungi, Jumat-Minggu (5-7/7/2013).

Pelbagai jalur Komunikasi yang disediakan Panitia SBMPTN demi mencegah penipuan. Namun tak sesuai janji, nomor call center yang dicantumkan itu tak diangkat kala dihubungi, Jumat-Minggu (5-7/7/2013).

Solopos.com, SOLO — Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, Minggu (7/7/2013) pagi, akhirnya berstatus di Facebook. Namun call center SBMPTN tetap bungkam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

”Pengumuman Hasil SBMPTN 2013 akhirnya dimajukan dan dapat dilihat pada tanggal 8 Juli 2013 pukul 17.00 WIB. Laman resmi pengumuman hasil SBMPTN 2013 adalah pengumuman.sbmptn.or.id,” tulis pemegang akun Facebook resmi panitia SBMPTN, https://www.facebook.com/PanitiaSBMPTN.

Isi status itu sejatinya tak berbeda dibandingkan kicauan panitia melalui akun Twitter resmi panitia SBMPTN @PanitiaSBMPTN maupun paparan pada situs resmi, Jumat lalu, namun status itu bagaikan oase di tengah galau ribuan peserta ujian masuk perguruan-perguruan tinggi milik negara di seluruh Indonesia itu. Pasalnya kicauan @PanitiaSBMPTN, “Pengumuman Hasil SBMPTN 2013 dpt dilihat pd tgl 8 Juli 2013 pukul 17.00 WIB. Laman resmi adalah pengumuman(dot)sbmptn(dot)or(dot)id,” terbukti bukan panasea atas galau peserta.

Kendati kicauan Panitia SBMPTN cukup jelas menginformasikan pengumuman yang semula dijadwalkan Jumat (12/7/2013) telah diubah menjadi Senin (8/7/2013), nyatanya banyak peserta SBMPTN tak puas atas dua baris kalimat tersebut. Hingga status Facebook diunggah, tak sedikit curhatan galau preserta ditulis di dinding Facebook resmi panitia maupun fasilitas komentar di laman media-media massa online yang turut memublikasikan kabar tersebut.

Setelah beberapa waktu membiarkan pertanyaan ribuan peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 terkait perubahan jadwal pengumuman tanpa jawaban jelas, barulah Panitia SBMPTN berstatus di Facebook. Sontak peserta bereaksi positif, dalam waktu sekitar 8 jam, sudah hampir 1.000 like atau suka di-klik-kan pengunjung pada status itu .

Kendati telah membuka kembali jalur komunikasi melalui jalur laman jejaring sosial, call center Panitia SBMPTN di nomor 0804-1-456-456 tetap bungkam. Solopos.com yang sejak Jumat lalu mencoba menghubungi nomor itu demi mencarikan jawaban bagi sejumlah pembaca berita yang meninggalkan komentar pada berita laman berita ini, tak mendapatkan layanan memuaskan.

Berkali-kali upaya membuat sambungan telepon melalui nomor itu tak dijawab. Padahal laman resmi panitia ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) berani memberikan jaminan bahwa call center tersebut, ”Melayani setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB.”

Janji itu disampaikan panitia karena khawatir dengan kemungkinan munculnya penipuan seiringnya banyaknya laman Internet yang sama-sama memuat kabar aktual SBMPTN. Kekhawatiran itu mereka cantumkan dengan mencolok pada halaman awal laman resmi tersebut, “HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN !!! Panitia SBMPTN TIDAK MEMILIKI akun di Facebook atau Twitter selain yang tertera di bawah. Semua akun yang mengatasnamakan panitia SBMPTN SELAIN yang tertera di bawah adalah PALSU !”

Call center adalah salah satu jalur komunikasi yang disediakan panitia di samping Facebook dan Twitter. Nyatanya, hingga Minggu ini call center tersebut bungkam setiap kali dihubungi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya