Sawut Kuliner Khas Temanggung, Mawut Tapi Nikmat

sawut merupakan kudapan khas Kabupaten Temanggung yang bahan dasarnya berasal dari singkong.
SHARE
Sawut Kuliner Khas Temanggung, Mawut Tapi Nikmat
SOLOPOS.COM - Sawut Singkong (Instagram/@dr.zaidulakbar.detox)

Solopos.com, TEMANGGUNG – Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memang gudangnya kudapan unik. Salah satu karya kuliner khas Temanggung yang satu ini adalah sawut, yang berasal dari kata dalam Bahasa Jawa, yaitu Mawut yang berarti berantakan.

Seperti namanya, sawut ini memiliki tekstur yang lumayan berantakan namun dari segi citarasanya tidak bisa disangkal kelezatannya. Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Trans7 Official bertajuk Membuat Khas Temanggung dalam tayangan Jejak Anak Negeri, Jumat (15/4/2022), sawut merupakan kudapan khas Kabupaten Temanggung yang bahan dasarnya berasal dari singkong.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Cara membuatnya sangat mudah, pertama singkong dikupas dari kulitnya lalu diparut dengan onkrok, semacam alat parutan yang dirancang khusus untuk singkong. Setelah selesai diparut, parutan singkong tersebut diberi gula, setelah itu supaya menarik, parutan singkong diberi pewarna makanan.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca juga: Swike, Kuliner Sup Kodok Khas Purwodadi Grobogan

Setelah diberi pewarna makanan dengan merata, parutan singkong dikukus hingga matang dan bertekstur agak kenyal. Saat disajikan, sawut yang merupakan karya kuliner khas Temanggung ini ditaburi dengan parutan kelapa untuk memberikan sensasi gurih.

Sebenarnya, makanan ini berasal dari Yogyakarta dengan nama pasrah dan merupakan salah satu jajanan pasar. Namun sekarang sudah menyebar ke semua penjuru Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Temanggung.  Untuk versi orisinilnya, makanan ini dicampur dengan gula merah lalu dikukus, namun karena berkembangnya zaman, akhirnya ditambah pewarna untuk lebih menarik.

Kudapan ini biasanya dijadikan sebagai teman minum teh saat pagi hari sebagai apetizer. Rasa makanan ini perpaduan antara manis dan gurih karena diberi parutan kelapa di atasnya.

Baca juga: Ndas Borok Kuliner Khas Temanggung, Lezat Tak Seburuk Namanya



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago