Savana Dieng, Padang Rumput Khas Afrika dengan Kearifan Lokal

ikenal dengan nama Padang Savana Dieng, kawasan ini merupakan tempat perkemahan yang ada di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
SHARE
Savana Dieng, Padang Rumput Khas Afrika dengan Kearifan Lokal
SOLOPOS.COM - Padang Savana Dieng (Instagram/@dieng_padangsavana)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Savana atau Sabana adalah padang rumput yang dipenuhi semak atau tumbuhan perdu yang luas. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis, seperti di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Namun, ternyata di Dataran Tinggi Dieng pun ada savana luas yang menyuguhkan pemandangan indah.

Dilansir dari kanal Youtube, Rabu (19/1/2022), Padang Savana Dieng merupakan tempat perkemahan di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Baca juga: Goa Semar, Pertapaan Pejabat Indonesia

Untuk bisa mencapai daerah sabana, pengunjung harus memiliki stamina kuat. Sebab padang rumput Anda harus melalui jalur pendakian dengan medan yang cukup menanjak. Udara yang dingin dan medan jalan yang masih alami membuat jalur akses padang savana ini cukup menantang, khususnya bagi para wisatawan yang tidak biasa mendaki.

Jarak tempuh dari area parkir menuju padang savana kira-kira menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Namun pengujung tidak perlu khawatir karena selama perjalanan melalui medan akses menuju Padang Savana Dieng akan ditemani dengan pemandangan Kawah Sikidang yang memukau dengan asap yang keluar dari kawah.

Selama perjalanan, pengunjung juga akan menemukan medan yang datar. Di medan itu, pengunjung bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Padang Savana. Jika sudah menemukan jalan yang curam, berarti sudah dekat dengan lokasi Padang Savana yang akan dituju.

Baca juga: Inilah Sosok Sabdo Palon, Peramal Ulung & Penguasa Tanah Jawa

Sesuai dengan definisi sabana yang disebutkan sebelumnya, Padang Savana Dieng ini merupakan lahan luas ditumbuhi rumput serta semak-semak dan juga dikelilingi oleh pohon-pohon yang tumbuh di sekitar sabana.

Aktivitas yang bisa dilakukan di padang rumput ini adalah berswafoto ria dengan latar padang rumput alami yang indah layaknya suasana safari di Afrika dan selain itu, pengunjung dapat mempelajari jenis-jenis rumput atau tumbuhan yang tumbuh di sepanjang Padang Savana Dieng.

Untuk mengakses Padang Savana Dieng ini, ada tiket masuk yang harus dibayar yaitu sebesar Rp10.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago