Satukan Perbedaan, Ketum PKR Tuntas Subagyo Gelar Doa Lintas Agama

Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, menekankan pentingnya toleransi antarumat beragama di Indonesia yang plural.
Satukan Perbedaan, Ketum PKR Tuntas Subagyo Gelar Doa Lintas Agama
SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) Tuntas Subagyo menghadiri kegiatan doa bersama lintas agama di kediamannya di Dukuh Tempel RT 001/ RW 002, Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo Kamis (2/12/2021) malam. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Yayasan Surya Nuswantara dan Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) mengadakan doa bersama lintas agama, Kamis (2/12/2021) malam. Doa bersama dilakukan di kediaman Ketua Umum PKR, Tuntas Subagyo, di Dukuh Tempel RT 001/ RW 002, Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo.

Promosi"Hei, Kita Masih Pacaran Kan?" Begitu Drama Layar Indonesia

Kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi dan persatuan masyarakat di tengah perbedaan. Lima pemuka agama yang berbeda dilibatkan dalam acara tersebut. Para perwakilan masing-masing agama bergiliran berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut rutin digelar tahunan yang sudah diadakan tujuh kali oleh yayasan. Lantaran adanya pandemi, pada 2021 doa bersama dilaksanakan secara terbatas. Perwakilan masing-masing daerah mengikuti kegiatan secara daring.

Baca Juga: Tuntas Ketum PKR Sumbang TV & Uang untuk Anak-Anak Selter Lentera Solo

Ketua Umum Dewan Pembina Yayasan Surya Nuswantara sekaligus Ketua Umum PKR, Tuntas Subagyo, mengatakan pihaknya ingin memberikan contoh keindahan perbedaan yang bisa berjalan secara sinergis di masyarakat. Melalui doa bersama tersebut, dia berharap persatuan dan kesatuan masyarakat di tengah perbedaan bisa semakin terbentuk harmonis.

“Di yayasan dan PKR ini semua berbasis masyarakat. Alhamdulillah, kami semua bisa menjalin hubungan dengan baik meskipun berbeda-beda latar belakang. Sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan yang baik di dalam jaringan Tikus Pithi Hanato Baris,” ucap dia ketika berbincang Solopos.com, di kediamannya, Kamis malam.

doa bersama
Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) Tuntas Subagyo (tengah) menghadiri kegiatan doa bersama lintas agama di kediamannya di Dukuh Tempel RT 001/ RW 002, Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo Kamis (2/12/2021) malam. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Menurutnya, sangat penting menjaga silaturahmi dan menyatukan perbedaan. Hal ini lantaran toleransi antarumat beragama merupakan salah satu keindahan dan ciri khas Indonesia yang plural. Semangat tersebut menurutnya harus terus dipupuk agar Indonesia menjadi bangsa yang besar.

Baca Juga: Ketua Umum PKR Ziarah ke Makam Gumpalan Tanah Slamet Riyadi di TMP Solo

“Kebetulan ini juga hari kelahiran saya. Semangat ini juga yang diusung oleh PKR sebagai partai baru yang sudah ada di 34 daerah. Kami harap melalui kegiatan ini juga PKR semakin besar,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan PKR, Muhammad Arif, selain doa bersama lintas agama, terdapat tiga agenda besar tahunan yang rutin diadakan. Dia berharap PKR bisa membina sebuah kerukunan antarumat beragama di setiap daerah dan komunitas.

“Kami berkeinginan untuk bisa memberikan contoh kepada kelompok masyarakat bahwa kerukunan antar umat beragama itu indah,” terang dia.

Baca Juga: Bawaslu Solo Ikut Awasi Deklarasi PKR di Hotel Adhiwangsa, Ada Temuan?


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago