SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN – Satu pasien Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Klaten, dinyatakan sembuh dari virus corona, Selasa (30/11/2021). Berbekal sembuhnya satu pasien Covid-19 itu, Kecamatan Delanggu menjadi satu dari 21 kecamatan di Klaten yang terbebas Covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di Pemkab Klaten, sebanyak 21 kecamatan dari 26 kecamatan di Kabupaten Bersinar tergolong zona hijau Covid-19 hingga Selasa (30/11/2021). Masing-masing kecamatan yang sudah terbebas dari Covid-19 adalah Kecamatan Bayat, Kecamatan Cawas, Kecamatan Delanggu, Kecamatan Gantiwarno, Kecamatan Jatinom, Kecamatan Jogonalan, Kecamatan Juwiring, dan Kecamatan Kalikotes.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Satgas Covid-19 Klaten Antisipasi Lonjakan Kasus saat Libur Nataru

Lalu Kecamatan Karangdowo, Kecamatan Kebonarum, Kecamatan Kemalang, Kecamatan Klaten Utara, Kecamatan Klaten Tengah, Kecamatan Manisrenggo, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Pedan Kecamatan Polanharho, Kecamatan Prambanan, Kecamatan Trucuk, Kecamatan Tulung, Kecamatan Wedi.

Sebaliknya, terdapat lima kecamatan di Klaten yang masih ditemukan kasus Covid-19 adalah Kecamatan Ceper (satu kasus), Kecamatan Karanganom (satu kasus), Kecamatan Karangnongko (satu kasus), Kecamatan Klaten Selatan (satu kasus), Kecamatan Wonosari (satu kasus).

“Selasa (30/11/2021) tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Klaten. Terdapat dua pasien Covid-19 sembuh [satu orang dari Kecamatan Delanggu dan satu orang dari Kecamatan Wonosari],” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, kepada Solopos.com, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Akhir Tahun, Vaksinasi Covid-19 Klaten Ditarget 100 Persen

Meski kasus Covid-19 di Klaten telah melandai, lanjut Cahyono Widodo, seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bersinar diwajibkan tetap menaati protokol kesehatan (prokes). Hal itu dinilai menjadi kunci utama dalam mencegah persebaran Covid-19. “Mari tetap disiplin prokes, seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” katanya.

Cahyono Widodo mengatakan jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten telah mencapai 34.829 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak lima orang menjalani perawatan/isolasi dan sebanyak 31.901 orang dinyatakan sembuh. “Kasus kematian karena Covid-19 di Klaten mencapai 2.923 orang,” katanya.

Camat Delanggu, Jaka Suparja, mengatakan operasi yustisi akan terus dilakukan guna mencegah persebaran Covid-19. Tim Satgas PP Covid-19 tingkat kecamatan juga terus menyosialisasikan sekaligus mengedukasi masyarakat agar tetap menaati prokes.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Klaten Landai, Polanharjo Tetap Optimalkan Tempat Isoter

“Kami terus mengingatkan ke warga [agar tetap prokes]. Jangan sampai ada euforia sehingga prokes menjadi diabaikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya