SOLOPOS.COM - Mobil hias terbakar di akhir gelaran Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Solopos.com, JAKARTA — Satu unit mobil hias terbakar saat Parade Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, pada Minggu (14/8/2022).

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa mobil hias terbakar saat Parade Jakarnaval 2022. Satu unit mobil hias yang terbakar itu terjadi saat akhir gelaran parade mobil hias, marching band, dan tarian pada Jakarnaval 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mobil hias yang terbakar itu mobil hias terakhir dalam rangkaian karnaval yang menampilkan kisah Ramayana dalam parade bertajuk “The Inferno Heart”.

Mobil hias tersebut terbakar sekitar pukul 18.30 WIB. Tak lama setelah pertunjukan di depan tribun penonton utama atau sekitar 50 meter setelah tribun utama.

Api membesar dan membakar sebagian besar dekorasi di mobil hias tersebut. Lima menit kemudian api dapat dipadamkan setelah panitia dibantu petugas pemadam kebakaran datang. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.35 WIB.

Baca Juga : Promotor Janjikan Hal Baru dalam Konser Westlife di Jakarta

Sebagian besar penonton sudah meninggalkan area tribun saat kebakaran tersebut terjadi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat ditemui selepas acara mengatakan kebakaran tersebut bukan merupakan kejadian besar dan tidak menyebabkan kerusakan berat.

“Iya tadi ada kebakaran tapi kecil dan sudah bisa ditangani dengan baik. Tidak apa-apa,” kata Riza.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata, menyebutkan kebakaran tersebut terjadi akibat percikan kembang api yang digunakan sebagai efek dalam parade.

“Ini bentuk kreativitas dari anak-anak dalam karya di mobil hias tersebut. Ada semacam gimick percikan api. Kemungkinan itu yang mengakibatkan hal itu [kebarakan mobil] terjadi,” jelasnya.

Baca Juga : 4 Sirkuit Balap di Indonesia Dirancang Arsitek Top Jerman

Dia menyebut petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) atau Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan panitia bisa menanggulangi kebakaran mobil hias tersebut sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah semua pihak, yakni Gulkarmat dan BPBD langsung bertindak dan langsung terkendali. Tidak ada korban.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya