[ X ] CLOSE

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.
Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya
SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Wonogiri berpatroli di tempat keramaian sekitar Alun-alun wilayah perkotaan Wonogiri, Kamis (23/9/2021). (Istimewa/Satpol PP Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Wonogiri melonggarkan patroli penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3.

Hal lantaran saat ini Wonogiri sudah masuk zona kuning dengan jumlah kasus Covid-19 yang terus menurun. Selanjutnya Satpol PP dfokus memantau percepatan vaksinasi Covid-19.

Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo, mengatakan saat ini PPKM Wonogiri turun ke level 3. Selain itu, Wonogiri juga sudah masuk zona kuning. Atas hal itu, Satpol PP mengurangi intensitas patroli, khususnya pada malam hari.

Baca Juga: Waspada! Semua Wilayah di Wonogiri Rawan Bencana Longsor, Ini Buktinya

“Patroli malam saat ini off dulu, tidak keliling. Hanya pengamatan dan pantauan saja seperti biasa,” katanya kepada wartawan di kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Kamis (23/8/2021).

Menurut Waluyo, patroli PPKM Wonogiri akan lebih banyak atau intensif dilakukan siang hari. Pada siang hari, anggota fokus pada pengondisian percepatan vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Selama bertugas, Satpol PP bekerja sama dengan jajaran TNI-Polri dan institusi terkait. “Hampir setiap hari [Senin-Sabtu], ribuan orang divaksin di lokasi itu. Sehingga perlu kontrol agar tak terjadi kerumunan. Kami fokus pengondisian vaksinasi di pendapa dulu biar lancar dan tidak berkerumun,” ungkapnya.

Baca Juga: Waduh, 2 Pelajar SMP Wonogiri Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sebelum Divaksin

Patroli Diintensifkan Siang Hari

Meski tidak ada patroli malam hari, bukan berarti Satpol PP Wonogiri tidak melakukan operasi rutin sama sekali selama masih PPKM level 3. Satpol PP tetap melakukan patroli di siang hari.

“Alhamdulillah levelnya [PPKM Wonogiri] sudah turun, masuk di zona kuning juga. Warung atau rumah makan sudah boleh makan di tempat, sektor lain juga ada kelonggaran. Jadi patroli muternya siang hari,” ujarnya.

Satpol PP melakukan patroli pada siang hari di lokasi rawan kerumunan, khususnya di wilayah Kecamatan Wonogiri. Tempat yang berpotensi terjadi kerumunan yakni Hutan Kota Wonogreen di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri.

Baca Juga: PTM Bergulir, Sopir Angkuta Wonogiri Berharap Pelajar Boleh Naik Angkutan Umum

Menurut Waluyo, tempat itu sering dijadikan lokasi nongkrong kalangan pemuda. Saat tim patroli beroperasi di sana, sebagian orang langsung lari menghindar. Padahal petugas hanya ingin memberi edukasi.

“Untuk pantauan warung makan, kami hanya mengamati secara kasatmata. Sebab saat ini sudah ada aturan yang membolehkan makan di tempat,” kata Waluyo.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago