SOLOPOS.COM - Driver ojol mengantre membeli pesanan menu BTS meal di gerai McD The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo, Rabu (9/6/2021). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo menyesalkan tidak adanya pemberitahuan dan koordinasi dari pengelola McDonald's atau McD kepada Satgas Penanganan Covid-19 terkait launching menu BTS meal, Rabu (9/6/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satpol PP Sukoharjo Wardino mengatakan seharusnya ada pemberitahuan ke Satgas sehingga bisa diambil langkah-langkah untuk mencegah kerumunan maupun pelanggaran prokes lainnya. "Ini yang terjadi tanpa laporan ke Satgas Covid-19," katanya kepada Solopos.com, Rabu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan penilaian Satpol PP di lapangan, terjadinya kerumunan driver ojek online dan pembeli di gerai McD The Park Solo Baru dikarenakan manajemen tak mampu mengelola pemesanan melalui jasa online. Selain itu, manajemen juga dinilai melakukan pelanggaran prokes lantaran tidak menyediakan sarana dan prasarana cuci tangan.

Baca Juga: Buntut Kerumunan Pembeli BTS Meal, Satpol PP Sukoharjo Tutup Paksa Layanan Order Online McD The Park Mall

Karena pelanggaran prokes saat penjualan perdana BTS meal di gerai McD The Park Mall Solo Baru itu lah, Satpol PP Sukoharjo akhirnya menutup paksa layanan order online McD. Hal ini untuk mengatasi membeludaknya pesanan melalui aplikasi online hingga menyebabkan kerumunan saat pengambilan.

Pembeli BTS Meal McD Bikin Macet

Pantauan Solopos.com, kerumunan di gerai McD The Park pada Rabu siang terjadi hingga keluar area gerai makanan siap saji itu. Tak hanya itu membeludaknya pesanan mengakibatkan kemacetan lalu lintas di Jl Ir Soekarno.

Petugas Satpol PP yang tiba di lokasi langsung membubarkan kerumuman. "Kami langsung ke lokasi dengan menerjunkan petugas setelah menerima laporan ada kerumuman di McD The Park Mall Solo Baru," katanya, Rabu.

Baca Juga: Beludak! Antrean BTS Meal di McD The Park Solo Baru Dibubarkan Satgas Covid-19

Satpol PP Sukoharjo juga langsung memanggil manajemen McD ke Kantor Satpol PP terkait kerumunan pembeli BTS Meal tersebut. Manajemen McD juga diminta membuat skema agar layanan order online tidak menimbulkan kerumunan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Besok akan kami lihat jika memang masih ditemukan pelanggaran akan dijatuhi sanksi denda. Sementara ini baru peringatan dari kami," katanya.

Penjualan perdana menu BTS meal berlangsung secara serentak di gerai McD seluruh Indonesia, Rabu (9/6/2021) siang. Antrean pembeli di gerai McD berbagai daerah menjadi viral di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya