SOLOPOS.COM - Ilustrasi pandemi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memastikan perkembangan kasus Covid-19 terkendali menjelang libur natal dan tahun baru 2023.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan perkembangan kasus Covid-19 dipastikan terkendali menjelang libur natal dan tahun baru 2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wiku menjelaskan kondisi itu mengacu catatan Satgas Covid-19 menyebutkan bahwa tren penurunan kasus harian Covid-19 selama empat pekan terakhir.

“Selama empat pekan terakhir, kasus segera mengalami penurunan signifikan kembali menjadi 10.000 kasus per pekan atau rata-rata 1.400 kasus per hari,” ujar Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis (22/12/2022).

Jumlah tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata kasus per pekan pada akhir Oktober lalu. Pada periode tersebut jumlah kasus positif Covid-19 melonjak hingga 46.000 kasus per pekan.

Baca Juga : Menkes Perkirakan Puncak Kasus Covid-19 dalam Waktu Dekat

Penurunan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini kemudian juga berdampak pada penurunan angka kematian akibat Covid-19. Per 18 Desember 2022, Satgas Covid-19 mencatat angka kematian per pekan sebanyak 174 kasus dengan rata-rata 24 kasus kematian per hari.

“Rata-rata angka kesembuhan juga berhasil kami pertahankan di angka 96%. Bahkan di dua bulan terakhir, bertahan di 97%,” tutur Wiku.

Kendati demikian, Wiku mengimbau masyarakat untuk terus taat dalam menerapkan protokol kesehatan selama melakukan aktivitas sosial, terutama pada momen nataru 2023. Mobilitas masyarakat akan semakin meningkat pada momen nataru 2023.

“Untuk itu, diperlukan kerja sama dari seluruh pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, penyedia tempat hiburan, dan tentunya seluruh masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dari Covid-19,” ucap Wiku.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Satgas Pastikan Kasus Covid-19 Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya