SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan mengambil sampel cairan hidung penumpang bus dan mobil di Terminal Sukoharjo, Minggu (26/12/2021). (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo melakukan uji rapid test antigen secara acak bagi penumpang bus dan mobil berpelat luar Soloraya saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini bagian dari upaya pencegahan penularan Covid-19 sekaligus edukasi penerapan protokol kesehatan.

Tim gabungan dari Polres Sukoharjo, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo melalukan rapid test antigen dengan sasaran para penumpang bus di Terminal Sukoharjo, Minggu (26/12/2021). Mereka diminta turun menuju posko kesehatan untuk menjalani rapid antigen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rapid tes antigen secara acak juga dilakukan bagi penumpang mobil berpelat luar Soloraya yang melewati Terminal Sukoharjo. Mereka juga diminta menjalani rapid antigen untuk memastikan kondisi kesehatannya. “Sesuai instruksi pemerintah pusat, tidak ada penyekatan kendaraan bermotor saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Anggota satgas hanya melaksanakan rapid antigen secara acak terhadap penumpang bus dan mobil,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX. Toni Sri Buntoro, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (26/12/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Antisipasi Krisis Pangan, Sukoharjo Bangun Lumbung di 3 Kecamatan

Petugas juga mengedukasi penumpang bus agar menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Penumpang wajib memakai masker dan jaga jarak saat di dalam bus.

Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam pencegahan persebaran kasus Covid-19. “Walaupun sudah disuntik vaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Kami tak ingin terjadi ledakan kasus Covid-19 pada pertengahan Juni-Juli,” ujar dia.

Toni menyebut ada volume peningkatan kendaraan bermotor di sekitar Bundaran Kartasura saat libur Natal. Kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura didomimasi mobil pribadi.

Baca Juga: WHO: Pandemi Covid-19 Harus Berakhir pada 2022

Dia memperkirakan kondisi serupa terjadi saat perayaan Tahun Baru. “Ada peningkatan volume kendaraan bermotor namun tak signifikan. Arus lalu lintas padat lancar. Petugas masih disiagakan di pos keamanan di sekitar Bundaran Kartasura,” papar dia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan kasus Covid-19 menurun drastis seiring dengan akselerasi percepatan vaksinasi pada beberapa bulan lalu. Namun demikian, masih ada pasien aktif Covid-19 yang berpotensi menularkan virus kepada orang lain terutama keluarga.

Baca Juga: Manfaat Aktivitas Perayaan Natal untuk Kesehatan Tubuh

Karena itu, masyarakat diminta tidak abai terhadap protokol kesehatan demi kesehatan dan keselamatan masyarakat. “Menjalankan protokol kesehatan secara ketat menjadi kunci keberhasilan pengendalian pandemi Covid-19. Ini butuh komitmen dan kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya