SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Satgas Penanganan Covid-19 memompakan optimisme. Dipublikasikan bahwa selama 10 bulan atau sepanjang virus masuk ke Indonesia, zona risiko tingkat kabupaten/kota semakin bergeser ke arah oranye. Satgas Penanganan Covid-19 optimistis bisa meratakan zona hijau Covid-19 di awal 2021 mendatang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan selama beberapa pekan terakhir, zona merah cenderung fluktuatif. Di sisi lain zona hijau semakin sedikit. “Jumlahnya [zona hijau] tidak akan terwujud jika baik pemerintah dan masyarakat tidak bersinergi untuk bersama-sama mengerahkan upaya penanganan secara totalitas dalam menekan angka kasus aktif dan kematian, serta mendongkrak angka kesembuhan,” katanya melalui konferensi pers virtual, Kamis (30/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Buntelan Kain Kafan Berisi Foto Sejoli di Makam Keramat Viral

Ekspedisi Mudik 2024

Upaya ini menurutnya, akan tercapai apabila seluruh masyarakat tertib dalam menjalankan protokol kesehatan. Wiku menjelaskan bahwa awal tahun 2021 diharapkan penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya zona hijau. “Kita sudah banyak belajar selama 10 bulan sehingga tidak ada yang tidak mungkin. Yaitu menurunkan risiko sehingga Indonesia bisa didominasi oleh zona yang lebih aman,” jelasnya.

Dongkrak Kesembuhan

Di sisi lain, Wiku menuturkan bahwa angka kasus aktif, kesembuhan, dan kematian akibat Covid-19 cukup dinamis perubahannya sejak awal tahun. Angka positif terus mengalami peningkatan yang signifikan namun masih dapat ditekan dari sisi kesembuhan. Itulah pasalnya Satgas Covid-19 optimistis meraih hasil positif di tahun 2021 ini.

“Sejak awal pandemi telah tercatat 735.124 kasus konfirmasi positif. Sebanyak 603.741 kesembuhan atau 82,12 persen dan 21.944 kematian atau 2,9 persen. Ke depannya kita harus memiliki target untuk mencapai 100 persen kesembuhan dan menekan angka kematian,” ucapnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Perilaku Baru, Setop Penularan Covid-19, Solopos Lawan Covid-19, Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya