top ear
Ilustrasi tes swab PCR (Antara-Aji Styawan)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi tes swab PCR (Antara-Aji Styawan)

Satgas Covid-19: Masyarakat Sekitar Petamburan Diminta Tes PCR

Sejumlah kasus positif Covid-19 terjadi di Tebet, Petamburan dan Megamendung.
Diterbitkan Jumat, 20/11/2020 - 23:30 WIB
oleh Solopos.com/BC
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA – Upaya menekan kasus di sejumlah wilayah terus dilakukan Satuan Tugas Penangan atau Satgas Covid-19 salah satunya melakukan tes PCR. Termasuk di wilayah Tebet dan Petamburan di Jakarta Selatan, serta Megamendung di Bogor.

Langkah yang dilakukan Satgas Covid-19 adalah meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut untuk segera melakukan Tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Hal ini menyusul sejumlah kasus positif corona di wilayah tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Doni Monardo menghimbau agar masyarakat segera mendaftar tes PCR gratis. Caranya dengan mendaftar ke RT/RW di lingkungannya.

Mengungkap Khasiat Herbal Pendukung Imunitas Tubuh Lawan Covid-19

“Kami telah menyebarkan rapid test antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas di wilayah berpotensi terjadi peningkatan kasus Covid-19. Seperti di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Untuk RT dan RW di Tebet, Petamburan dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas tersebut. Sehingga masyarakat segera mendapatkan Tes PCR gratis,” kata Doni Monardo, Jumat (20/11/2020).

Doni menjelaskan bahwa Tes PCR untuk tiga wilayah ini juga disarankan bagi orang-orang yang turut dalam penjemputan Habib Rizieq Syihab (HRS) ke Bandara Soekarno-Hatta.

Pecah Rekor! Kasus Positif Covid-19 di Sragen Tambah 55 Sehari, 2 RSUD Penuh

Penjemput HRS

“Kami memohon kesadaran seluruh masyarakat di sekitar wilayah Tebet, Petamburan dan Megamendung. Serta mereka yang turut menjemput HRS untuk melakukan tes PCR. Ini untuk melindungi diri serta keluarga. Denganmelakukan tes PCR ini dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Doni menambahkan bahwa jika dalam pemeriksaan tersebut ada yang positif Covid-19, maka dapat langsung melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah. Yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Cegah Klaster Pilkada, KPU Grobogan Lakukan Ini Kepada KPPS

Hari ini, di Petamburan ada 15 orang ditest, 7 orang dinyatakan positif Covid19. Sedangkan di Megamendung dari 559 orang ada 20 orang terkena Covid-19. Terakhir ada 50 orang di Tebet yang melakukanTes PCR hasilnya positif Covid-19.

 

 


Editor : Profile Arif Fajar Setiadi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini