top ear
Satgas Covid-19 Kirim bantuan untuk Maulid Nabi di Kediaman Habib Rizieq (Detik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Satgas Covid-19 Kirim bantuan untuk Maulid Nabi di Kediaman Habib Rizieq (Detik.com)

Satgas Covid-19 Bantu Masker untuk Acara Habib Rizieq

Bantuan itu diberikan karena banyak warga yang abai pada kesehatan diri saat menghadiri acara.
Diterbitkan Sabtu, 14/11/2020 - 23:00 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA -- Cegah persebaran virus corona, Satgas Penanganan Covid-19 mengirimkan bantuan masker dan hand sanitizer untuk acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab.

"Betul sekali Satgas Penanganan Covid-19 Pusat memberikan bantuan masker kain dan masker medis kepada satgas yang mengelola atau panitia Maulid Nabi. Serta panitia perayaan pernikahan putri Habib Rizieq," kata Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dalam jumpa pers yang disiarkan YouTube BNPB, Sabtu (14/11/2020).

Setidaknya ada 10.000 masker yang tiba di DPP FPI Sabtu siang. Doni mengatakan bantuan itu diberikan karena banyak warga yang abai pada kesehatan diri saat menghadiri acara Habib Rizieq.

Kapolda Jabar : Acara Rizieq Shihab Tertib, Tapi Abai Prokes

Doni menyayangkan tingkat kewaspadaan masyarakat yang kurang terkait potensi penularan Covid-19. Sebab, disiplin protokol kesehatan sudah berulang kali disampaikan pakar epidemiologi, pakar kesehatan masyarakat. Juga pimpinan di tingkat nasional maupun di tingkat daerah.

"Kenapa ini kita berikan setelah beberapa hari terakhir kita menyaksikan sejumlah acara yang dihadiri oleh Habib Rizieq Syihab. Karena banyak sekali masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Tidak menjaga jarak, dan banyak yang tidak menggunakan masker," kata Doni.

Dia mengatakan APD tersebut diberikan untuk mengantisipasi warga lanjut usia (lansia) atau yang punya penyakit penyerta (komorbid). Doni mengingatkan, kalangan ini sangat rentan turun kondisi tubuhnya begitu terserang Covid-19.

"Mungkin bagi mereka yang usia muda sehat apabila terpapar Covid-19 relatif bisa sembuh dalam waktu yang tidak lama. Namun ketika yang terpapar itu lansia dan penderita komorbid, risikonya sangat fatal. Saya ulangi lagi, sangat fatal," ungkapnya seperti dilansir dari Detik.com.

Jateng Miliki Kasus Kematian Tertinggi Covid-19 per 14 November

Disiplin Protokol Kesehatan

Doni menekankan pemberian bantuan tersebut agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Bantuan masker dan hand sanitizer kepada panitia bukan hanya untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan tersebut. Tetapi juga bagian dari upaya untuk mengajak seluruh komponen yang ada di sekitarnya mau menggunakan masker. Masker diberikan untuk dipakai," tutur Doni.

Masker dan hand sanitizer diserahkan langsung oleh Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Rustian kepada ketua panitia acara Habib Rizieq, Haris Ubaidillah.

Cegah Covid-19, Barak Pengungsian Merapi di Balerante Klaten Mulai Disekat

Rustian menyampaikan pihaknya ingin memastikan semua tamu yang hadir di acara ini menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan masker. Rustian menyebut pemberian masker dan hand sanitizer ini juga merupakan salah satu bentuk respons atas banyaknya massa saat acara penjemputan Habib Rizieq kemarin.

Sementara itu, ketua panitia acara Haris Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kepedulian yang telah diberikan oleh BNPB. Dia berharap agar acara hari ini dapat berjalan dengan lancar.

"Yang mana dengan keberkahan itu usaha maksimal kita, ikhtiar maksimal kita, untuk menjaga protokol kesehatan akan dibantu Allah SWT sehingga corona bisa betul-betul pergi meninggalkan Indonesia. Kita bisa berinteraksi sosial dengan biasa. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," ujar Haris.

 


Editor : Profile Arif Fajar Setiadi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini