SOLOPOS.COM - Sejumlah karyawan menyiapkan hidangan satai kambing di warung Sate Mbah Margo, Dusun Boto Wetan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo. Foto diambil pada akhir Juni lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SRAGEN – Bagi warga Tanon, Sragen dan sekitarnya tentunya sudah tidak asing dengan Warung Sate Pak Poyo yang berlokasi di jalan Gabugan-Gemolong KM No.95, Kebayanan 1, Ketro, Tanon, Sragen.

Secara keseluruhan, local guide memberi nilai yang cukup lumayan yakni 4,6 dengan 14 ulasan. Warung satai ini menjadi langganan Eky Taufiq Febrianto, 30, pesepak bola profesional andalan Persela Lamongan saat mudik ke kampung halaman di Desa Ketro. Namun, di warung ini, Eky lebih menyukai kuliner tengkleng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau pulang kampung sudah pasti harus ke sana. Yang bikin kangen itu tengklengnya,” ujar Eky kala berbincang dengan Solopos.com saat pulang kampung tahun lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: 5 Sate Kambing Paling Enak di Solo, Mana Langgananmu?

Warung yang satu ini banyak direkomendasikan oleh local guide. Tak jarang pada local guide memberi nilai bintang 5 atau sempurna setelah merasakan satai kambing itu. Selain itu ada belasan warung sate kambing lain di Sragen yang layak dikunjungi.

Satai kambing adalah makanan yang dibuat dari daging kambing yang ditusuk-tusuk menggunakan lidi. Daging kambing diolah dengan aneka rempah-rempah dan kemudian dibakar.

Baca juga: Kenapa Bakso Wonogiri Terkenal Enak?

Seporsi makanan ini biasanya disajikan dengan bumbu kecap yang diberi irisan bawang merah, cabai, dan taburan merica. Tidak ketinggalan kubis dan tomat disajikan dalam piring sebagai pelengkap.

Kuliner sate kambing sangat terkenal di Kota Solo, Jawa Tengah. Hampir di setiap sudut kota terdapat kedai yang menjajakan makanan ini.

Kepopuleran sate kambing itu pun menyebar ke berbagai wilayah lain, termasuk Kabupaten Sragen, yang masih bertetangga dengan Kota Solo.

Baca juga: Terlilit Utang Judi, Warga Sidoharjo Sragen Nekat Maling Laptop hingga Burung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya