SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

SOLO – PT XL Axiata membukukan pertumbuhan pelanggan hingga lebih dari 3 kali lipat sepanjang tahun 2011.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertumbuhan tersebut banyak disokong pelanggan baru dari kalangan pelajar, mulai dari SMP, SMA hingga perguruan tinggi (PT). General Manager Youth Segment Community Enterprise & Carrier XL, Deddy Fahmi Priautama, mengatakan pertumbuhan pelanggan XL di 2011 luar biasa. Pihaknya mencatat jumlah pelanggan XL tumbuh hingga lebih dari tiga kali lipat. Capain positif tersebut merupakan imbas dari upaya pendekatan ke kalangan pelajar.

“Sementara ini memang masih banyak didominasi siswa menengah, baik itu SMP dan SMA. Baru di akhir tahun, mulai banyak dari mahasiswa. Tahun ini juga kami harap naik juga sebanyak itu,” terang Deddy, Kamis (12/1/2012). Menurut Deddy, penetrasi ke kalangan pelajar terbukti mampu mendongkrak jumlah pelanggan. Mengandalkan tarif murah dan berbagai layanan lain, dia yakin dapat mempertahakan sebagian besar pelanggan baru meski kalangan pelajar dinilai paling rentan gonta ganti operator seluler.

Salah satu langkah untuk menggaet pelanggan pelajar dilakukan di UNS. Di kampus terbesar di Solo ini, XL memberikan layanan free wifi di empat titik, masing-masing dengan kapasitas hingga 1 megabyte (MB). Directur Service Management XL, Ongki Kurniawan, berharap layanan wifi ini dapat ikut mendorong aktivitas mahasiswa dan peningkatan pendidikan di UNS. Tak hanya titik wifi, XL juga memberikan beasiswa bagi sejumlah mahasiswa. “Ini adalah bentuk dukungan XL atas kemajuan dunia pendidikan,” kata Ongki.

Lebih jauh, guna mengimbangai lonjakan jumlah pelanggan yang luar biasa, Deddy memastikan XL telah menyiapkan diri dengan menyediakan jaringan yang mencukupi untuk mengkover kebutuhan masyarakat. Di tahun 2011, kata dia, XL menambah lebih dari 6.000 titik BTS baru. Sebuah langkah yang diklaim tidak pernah dilakukan operator seluler lain. “Yang lain paling hanya 5.000 BTS. XL sampai 6.000 BTS di seluruh Indonesia,” terang Deddy.

Tak hanya berkutat dalam hal jumlah, XL juga terus meningkatkan kapasitas jaringan dari 2G menjadi 3G atau HSDPA. Di Area Soloraya misalnya, dari total 200 BTS, hingga akhir 2011, 26 BTS telah menyediakan jaringan 3G. Supervisior bagian jaringan Solo, Handri Yulisetiawan, mengatakan di tahun 2012 pihaknya akan melakukan upgrade di lebih banyak BTS yang masih memakai jaringan 2G. Sebanyak 50 BTS digarap di tahap pertama, selebihnya hingga akhir tahun diharapkan semua BTS telah di-upgrade menjadi 3G.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya