Solopos.com, KLATEN—Sapuangin Coffe and Farm di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, berada di kawasan tertinggi, 1.300 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Kedai kopi itu berada di kawasan paling ujung di Tegalmulyo dan berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

PromosiPemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dari kedai kopi Merapi itu pengunjung bisa menikmati pemandangan alam perbukitan Merapi purba yang masih asri dan dikenal warga setempat dengan Gunung Ijo. Ketika cuaca cerah, puncak Merapi terlihat jelas dari kawasan tersebut.  Pengunjung bisa melihat panorama Klaten dan sekitarnya. Saat Merapi berawan, pengunjung bisa menikmati suasana syahdu seakan dekat dengan awan.

 

Suasana kedai kopi Sapuangin Coffee and Farm di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (8/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Kopi Sapuangin Coffee and Farm di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (8/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Kopi yang disajikan merupakan kopi olahan sendiri. Buah kopi mereka peroleh dari petani setempat yang kemudian mereka olah menjadi kopi siap seduh. Kebanyakan pengunjung merasa tertarik dengan sajian kuliner pendamping kopi yang belum tentu ditemui di kedai kopi lain.  Jajanan pendamping yang dimaksud yakni makanan olahan talas serta singkong yang juga hasil kebun warga.

Sejuknya kawasan lereng Gunung Merapi ditambah panorama alam yang masih hijau hingga gemerlap lampu perkotaan yang terlihat jelas saat terang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut.  Terlebih cuitan burung liar ditambah elang Jawa yang sesekali berterbangan kian melengkapi suasana asri tempat tersebut.

 

kopi merapi
Suasana kedai kopi Sapuangin Coffee and Farm di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (8/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Suasana kedai kopi Sapuangin Coffee and Farm di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Senin (8/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi