SOLOPOS.COM - Kondisi sapi limosin berbobot lebih dari 1 ton yang dibeli Presiden Joko Widodo dirawat di kandang Widodo di Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kalijambe, Sragen, Jumat (24/7/2020). (Moh. Khodiq Duhri/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN -- Seekor sapi limosin seberat lebih dari 1 ton milik Widodo, peternak asal Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen, dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp90 juta.

Wawali Positif Corona: Pejabat, Legislator, dan Wartawan Solo Tes Swab

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sapi tersebut kemudian dihibahkan ke Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran sebagai hewan kurban yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha tiba. Sebelum dibeli Jokowi, sapi tersebut telah dirawat Widodo selama dua tahun. Saat kali pertama tiba di kandangnya, berat sapi limosin tersebut baru mencapai sekitar 800 kg.

Setelah dirawat selama dua tahun itu, bobotnya bertambah menjadi lebih dari 1 ton. “Sapi ini saya beri makan rumput kalanjana, tebon [daun dan batang tanaman jagung], jerami yang sudah difermentasi, konsentrat dan polar. Sehari bisa makan dua kali, pagi dan siang. Sehari bisa habiskan pakan 15-20 kg seharga sekitar Rp50.000. Bobot sapi ini terus naik di kisaran 1,5 kg hingga 2 kg/hari,” jelas Widodo kala ditemui wartawan di kandangnya, Jumat (24/7/2020).

Asyik! Mi Ayam Instan Wonogiren Bisa Dibeli Lewat E-Commerce

Widodo menjelaskan sapi limosin yang dibeli Jokowi sudah dipastikan sehat. Dalam rangka menjaga kesehatan semua sapi peliharaannya, Widodo memang sudah menjalin kerja sama dengan seorang dokter hewan. Belum lama ini, sapi yang dibeli Jokowi itu juga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kondisi sapi limosin berbobot lebih dari 1 ton yang dibeli Presiden Joko Widodo dirawat di kandang Widodo di Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kalijambe, Sragen, Jumat (24/7/2020). (Moh. Khodiq Duhri/Solopos)
Kondisi sapi limosin berbobot lebih dari 1 ton yang dibeli Presiden Joko Widodo dirawat di kandang Widodo di Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kalijambe, Sragen, Jumat (24/7/2020). (Moh. Khodiq Duhri/Solopos)

Berdasar hasil laboratorium, sapi tersebut dipastikan negatif dari berbagai penyakit berbahaya. “Sapi ini bisa dibeli Pak Jokowi lewat teman-teman jaringan sesama peternak sapi. Justru mereka yang bisa memasarkan sapi itu hingga akhirnya bisa dibeli oleh Pak Jokowi,” papar Widodo.

Pecah Rekor! Pasien Positif Covid-19 Soloraya Tembus 1.010 Orang

Masih Ada 2 Ekor

Selain sapi yang sudah dibeli Jokowi, masih ada dua ekor sapi dengan berat sekitar 1 ton masing-masing berjenis limosin dan lokal Jawa. Dua sapi yang belum laku itu dibanderol dengan harga Rp75 juta. Di kandang milik Widodo ada lebih dari 150 ekor sapi.

Selain limosin, terdapat jenis sapi metal, madura dan lokal Jawa dengan bobot mulai 350 kg hingga di atas 1 ton. Selain sapi siap kurban, terdapat pula sapi betina yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Sapi-sapi yang diternakkan Widodo dijual mulai Rp17 juta hingga Rp90 juta tergantung bobot masing-masing.

29 Nakes RSUD Wonogiri Positif Covid-19, Pemkab Cari Pengganti dari Faskes Lain

“Kami tidak hanya menjual sapi, tapi juga menggemukkan sekaligus tempat jagal. Jadi, pada Hari Raya Idul Adha nanti ada puluhan sapi yang akan disembelih di tempat ini,” papar Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya