Sapi Dimusnahkan Karena PMK, Negara Beri Ganti Rugi Rp10 Juta Per Ekor

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah akan memberikan ganti rugi senilai Rp10 juta per ekor sapi.
SHARE
Sapi Dimusnahkan Karena PMK, Negara Beri Ganti Rugi Rp10 Juta Per Ekor
SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan hewan memeriksa sapi di kapal yang baru di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sapi-sapi itu diangkut dari Nusa Tenggara Timur. (Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian)

Solopos.com, JAKARTA–Negara akan mengganti rugi sapi milik peternak UMKM yang hewannya dimusnahkan secara paksa karena penyakit mulut dan kuku (PMK).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah akan memberikan ganti rugi senilai Rp10 juta per ekor sapi.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Terkait dengan pergantian terutama terhadap hewan ternak yang dimusnahkan atau dimatikan paksa, pemerintah akan menyiapkan ganti terutama peternak UMKM senilai Rp10 juta per sapi,” kata Airlangga dalam keterangan pers mengutip kanal YouTube Sekretaris Presiden, Kamis (23/6/2022).

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Dalam rapat internal yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Airlangga menyampaikan bahwa Presiden sudah menyetujui struktur satuan tugas (satgas) penanganan PMK yang nanti dipimpin oleh Kepala BPNB dengan beberapa wakil, antara lain Dirjen Peternakan, Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Deputi Kemenko dan Asisten Operasi (Asops) Kapolri dan Panglima TNI.

Dalam rapat tersebut juga disetujui untuk pengadaan vaksin sebanyak 29 juta dosis tahun ini dan seluruhnya akan dibiayai dari dana KC-PEN.

Baca Juga: Sapi Diduga PMK Terkapar di Pasar Hewan Sunggingan Boyolali dari Jatim

Presiden Jokowi juga memberikan arahan agar obat-obatan terus disiapkan dan jumlah vaksinator dilengkapi.

Airlangga mengatakan seluruh mekanisme yang perlu dijaga selain pergeseran dari hewan adalah mereka yang keluar masuk peternakan.

Kemudian untuk daerah berbasis mikro akan diberikan larangan dari hewan hidup, dalam hal ini sapi. Larangan tersebut akan diberikan di daerah level kecamatan yang terdampak PMK atau daerah merah.

“Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38%. Seluruh detail nanti dimasukkan di instruksi Kemendagri,” ujar Airlangga.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Wabah PMK: Pemerintah Siapkan Ganti Rugi Rp10 Juta per Sapi

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago