Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.
SHARE
Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis
SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Melansir muslim.or.id, ada beberapa dalil terkait puasa Senin dan Kamis, salah satunya dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, yang mengatakan”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Baca Juga: Tips Menjalankan Ibadah Puasa bagi Penderita Gangguan Asam Lambung

Usamah bin Zaid berkata, “Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda:

“Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Baca Juga: Rumah Wakaf dan Biaya Ibadah Haji Tempo Dulu

Dr. Wahbah az-Zuhaili menjelaskan, para ulama sepakat bahwa hukum puasa ini sunnah. Artinya, jika dilakukan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak mendapat dosa. (lihat az-Zuhaili, Fiqhul Islami wa Adillatuh, juz 3, h. 1641)

Dilansir dari NU.or.id,  Selasa (28/6/2022), ada sejumlah keutamaan bagi umat Islam yang menjalankan puasa sunah,

1. Hari penyetoran amal manusia

Hari Senin dan Kamis merupakan hari penyetoran amal manusia. Sebuah kelebihan tersendiri, jika amal kita disetor dalam kondisi berpuasa.

2. Hari dibukanya pintu surga

Salah satu keistimewaan puasa Senin-Kamis karena pada kedua hari itu Allah membuka pintu surga. Rasulullah pernah bersabda: Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.

Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan. (HR Muslim, No. 4652)

3. Hari kelahiran Rasulullah

Hari Senin merupakan hari lahir sekaligus kewafatan Rasulullah. Dalam satu hadits dijelaskan saat nabi ditanya soal puasa pada hari Senin dan beliu menjawab “Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode