SOLOPOS.COM - Ilustrasi foto underwater di Umbul Ponggok Klaten. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Keindahan Umbul Ponggok, di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, mendunia. Objek wisata alam yang sering dijadikan spot foto underwater itu membuat kagum media massa terkemuka Inggris dan China.

Destinasi wisata Klaten tersebut dimuat di situs web Dailymail dan South China Morning Post. Dikutip dari Dailymail, Senin (28/10/2019), Umbul Ponggok yang berupa kolam berukuran 70x40 meter memiliki air yang begitu jernih. Kolam itu terlihat semakin indah dengan ikan warna-warni yang berenang di dalamnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara menurut South China Morning Post, Umbul Ponggok mengubah kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Umbul Ponggok membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setelah disulap menjadi objek wisata yang indah.

Kini, sekitar 40 persen saham Umbul Ponggok dimiliki warga setempat. Mereka bebas menjual aneka kuliner dan oleh-oleh khas desa setempat. Warga juga bisa membuka usaha persewaan alat snorkeling atau jasa foto underwater.

Gibran Rakabuming Maju Pilkada Solo, Relawan Jokowi: Dia Tak Seperti Jokowi!

Bagi yang ingin melakukan pemotretan underwater tidak perlu repot. Ada operator dan fotografer yang siap mengabadikan berbagai posemu di air. Ada juga jasa persewaan alat diving. Bagi yang ingin bermain air bisa menyewa pelampung jika takut tenggelam karena tidak bisa berenang.

Anda juga bisa duduk-duduk di pinggir kolam air jernih itu sembari menyantap gorengan hangat atau semangkuk bakso.

Besar Manfaatnya! Ini Doa Sebelum, Saat, & Usai Berhubungan Intim

Harga tiket masuk Umbul Ponggok saat ini sekitar Rp15.000. Padahal, sekitar 15 tahun lalu kolam Umbul Ponggok sangat kotor. Kolam itu dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci.

Namun pada 2006 lalu, Juanedi Mulyono selaku kepala desa melihat potensi wisata yang luar biasa dari Umbul Ponggok.

Gibran dan Bobby Nyalon Pilkada, Pakar Bandingkan Era Jokowi dan Soeharto

Junaedi Mulyono lantas mengajak warga membersihkan kolam yang di dalamnya mengalir 40 mata air. Dia bergotong royong dengan warga setempat menyulap Umbul Ponggok menjadi objek wisata.

Berdasarkan pengalaman Solopos.com sekitar lima tahun lalu, Umbul Ponggok belum memiliki wahana pendukung seperti area permainan Ninja Warrior.

Rekomendasi 5 Hotel Murah tapi Berkelas di Solo

Kini, Umbul Ponggok dengan wajah barunya semakin digandrungi masyarakat. Kawasan Umbul Ponggok tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan atau musim liburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya