SOLOPOS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa untuk kali pertama pariwisata Indonesia bisa ungguli Thailand. Hal ini terlihat  di World Economic Forum Travel and Tourism Development Index, Indonesia naik 12 peringkat dan berhasil mengalahkan Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

“Sekarang Indonesia [pariwisatanya] sudah di atas Thailand pertama kalinya. Jadi, bro dan sis saran saya kalau mau healing benerin feeling, ya di Indonesia saja,” katanya  dalam agenda 10 Tahun Forum Pemred, di Hotel Raffles, di Jakarta, seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (5/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sandiaga Uno menambahkan bahwa pemulihan promosi parwisata Indonesia juga banyak ditopang media, salah satunya dengan pertukaran gagasan melalui pemberitaan di jagat maya.

Baca Juga: Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media, Ini Tujuannya

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya peran industri media massa sangat mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Menurutnya, pemberitaan mengenai destinasi wisata dan keunikan daerah turut mendorong Indonesia untuk lebih dipercaya di tingkat global sebagai destinasi yang memiliki standar internasional.

“Jadi Indonesia sekarang banyak dipercaya untuk menyelenggarakan event internasional mulai dari MotoGP Mandalika sampai ke ASEAN Paragames, itulah mengapa saya ada di Solo belum lama ini,” ujar Politikus Partai Gerindra itu.

Salah satu peran nyata media massa dalam mengawal kebijakan sektor pariwisata adalah saat tarif masuk ke Candi Borobudur menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. “Saya banyak belajar tentang kebijakan pemerintah, apabila dianggap tidak tepat maka koreksi dari media hadir seperti kenaikan tarif borobudur. Itu karena tekanan media akhirnya bisa dilakukan penyesuaian. Kami tunggu [masukan kepada] kebijakan [Pemerintah] ke depan,” tuturnya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto di Forum Pemred: Jaga Narasi Positif Jelang Pemilu

Selain menyinggung soal kemajuan pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno juga menyebut bahwa Indonesia juga unggul di sisi ekonominya kreatif. Saat ini sudah masuk daftar tiga besar dunia. Indonesia, sambungnya, berada di posisi ketiga setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-pop.

“Indonesia berada di posisi tiga besar dengan Rp1.300 triliun dan 7,5 persen yang bersumber dari ekonomi kreatif,” katanya.

Selain itu, dia juga menyinggung mengenai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 sebagai regulasi yang menjadi terobosan untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif di Tanah Air. “Ke depan saya lihat demokrasi kita terus makin matang. Tahun 2024 kita akan terus lakukan kolaborasi dan inovasi. Menurut saya dont worry too much,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sandiaga di Forum Pemred: Terima Kasih Pers sudah Dukung Pariwisata Indonesia!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya