Sandiaga Uno Dukung Gunung Kemukus Sragen Jadi Wisata Religi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung Gunung Kemukus di Sragen mejadi kawasan wisata religi.
SHARE
Sandiaga Uno Dukung Gunung Kemukus Sragen Jadi Wisata Religi
SOLOPOS.COM - Para santri berjalan menuju Objek Wisata Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Rabu (20/1/2022) malam. Mereka berziarah ke makam Pangeran Samudra. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung Gunung Kemukus di Sragen mejadi kawasan wisata religi.

Hal itu terlihat dari unggahan media sosial Instagram milik Sandiaga Uno, @sandiuno yang telah terverifikasi.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pada feed akun IG tersebut, Sandiaga merepost sebuah postingan berita dari media sosial Solopos Media Group, @koransolopos terkait berita berjudul “Gunung Kemukus Pecah Rekor, Didatangi 12 Bus Pariwisata dan 550 Santri.”

“Gunung Kemukus kini berhasil ‘disulap’ menjadi destinasi wisata religi yang ciamik dan estetik, menggeliatkan pelaku usaha UMKM, BANGKITKAN EKONOMI serta LAPANGAN KERJA masyarakat sekitar<‘ tulis caption dalam unggahannya yang dipantau Solopos.com, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Sandiaga juga menyebutkan bahwa dirinya mendapat laporan tentang kunjungan rombongan santri untuk ziarah ke makam Pangeran Samudra yang berada di kawasan Gunung Kemukus.

“Saya mendapat laporan bahwa kemarin terdapat rombongan santri dari Magelang berjumlah 550 orang dengan mengendarai 12 bus. Ini memecahkan rekor kunjungan yang datang untuk berziarah ke makam Pangeran Samudra, yang merupakan murid dari Sunan Kalijaga,” ujar Sandiaga.

“Insyallah, persepsi Gunung Kemukus yang tadinya negatif bisa menjadi positif. Tidak ada lagi yang mencari pesugihan dengan cara-cara yang bertolak belakang dengan ajaran agama, tetapi sugih karena memang usaha-usaha masyarakatnya meningkat,” imbuh dia.

Baca Juga: Tiket Masuk Gunung Kemukus Tak Sampai Seharga Semangkuk Bakso Lho

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Soloraya tidak menghalangi wisatawab mengunjungi objek wisata Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Rabu (19/1/2022).

Gunung Kemukus memang menjadi salah satu daya tarik baru setelah rampung dibangun oleh PT Aset Prima Tama melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tidak tanggung-tanggung, para pengunjung malam itu merupakan para rombongan santri dengan 12 bus dari Magelang.

Hal itu menjadi rekor bagi pengelola Kawasan Wisata Gunung Kemukus menerima rombongan bus.

Baca Juga: Gunung Kemukus Pecah Rekor, Didatangi 12 Bus Pariwisata dan 550 Santri

Para santri berasal dari Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah Sempu, Secang, Magelang. Rombongan bus parkir di kantong parkir khusus bus, RTHP Sumberlawang. Mereka berjalan melalui jembatan menuju Kawasan Kemukus.

Salah satu tokoh masyarakat yang memimpin rombongan, Akhmad Sholeh, menjelaskan ada sekitar 550 orang yang tergabung dalam rombongan untuk melakukan ziarah. Sebagian besar belum pernah berkunjung ke Gunung Kemukus sebelumnya.

“Kami ziarah ke sini walaupun orang mengatakan image Gunung Kemukus [sebelumnya negatif] namun saya berkeyakinan Pangeran Samudra sesuai namanya Samudra penjabarannya luas dalam pemikiran dan nasional,” kata dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago