SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Eks Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno masih melanjutkan program andalannya, One Kecamatan One Center of Economy (OK-OCE). Dia meresmikan program Bank Infaq yang akan dioperasikan di Masjid At Taqwa, Komplek PIK, Jl Raya Penggilingan, Jakarta Timur, Jumat (26/7/2019).

Pendirian Bank Infaq itu, kata Sandi, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dengan memberikan pinjaman tanpa dihantui dengan suku bunga yang tinggi serta rentenir. Bank Infaq sendiri merupakan program kerja sama dengan OK OCE.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penerima pinjaman Bank Infaq sendiri sendiri berasal dari masyarakat kecil menengah yang juga diberikan pelatihan, pendampingan, perizinan hingga mampu membuka usahanya sendiri. Nantinya Bank Infaq itu akan dikelola oleh majelis taklim ataupun pengelola masjid tanpa ada bunga.

“Ya banyak sekali ibu-ibu, emak-emak karena ya bahan bahan pokok sering melonjak tinggi. Akhir bulan itu harus berutang, dan utang itu kadang-kadang bunganya 1 persen per hari. Ya itu sangat membebani,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap kalau Bank Infaq bisa menjadi solusi dari beratnya beban masyarakat terutama emak-emak yang harus mengatur keuangan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah ada pinjaman berbasis online yang memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi.

Belum lagi emak-emak yang harus dihadapkan dengan rentenir apabila belum membayar utang tersebut tepat waktu. Bank Infaq dihadirkan sebagai program inovatif agar nantinya emak-emak yang ingin mengajukan pinjaman bisa tetap tenang tanpa harus memikirkan ancaman dari rentenir.

“Kalau kami [debitur] sudah enggak bisa bayar dikirim debt collector, sangar, ambil motornya, masuk ke rumah, kirim SMS, intimidasi,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, uang yang diputar oleh Bank Infaq berbasis komunitas kecil di masyarakat seperti masjid dan majelis taklim. Uang yang dihimpun nantinya akan dipinjamkan ke orang yang membutuhkan.

“Bank Infaq ini ada solusi, paling tidak berbasis komunitas masjid, perumahan, majelis taklim, dengan kemampuan untuk membantu pinjaman saudara-saudara kita yang lagi menghadapi kesulitan pinjaman berbunga, berbiaya tinggi, pinjaman rentenir, pinjaman rentenir online,” kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya