Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

SAMPAH SOLO : Retribusi Naik, Pengelolaan Sampah Harus Lebih Baik

SHARE
SAMPAH SOLO : Retribusi Naik, Pengelolaan Sampah Harus Lebih Baik
SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga Solo berharap pengelolaan sampah di Solo lebih ditingkatkan. Selain itu, pengelolaan sampah di Solo sebaiknya dimulai dari diri kesadaran warga sendiri. Hal itu terungkap dalam sejumlah komentar warga dalam sesi Dinamika 103 SOLOPOS FM, Sabtu (29/6/2013).

Sebelumnya, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, sampah memang masih menjadi persoalan di Kota Solo, dan secepatnya perlu diselesaikan. Menurut warga Pajang, Joko semestinya pelayanan pengelolaan sampah lebih ditingkatkan menyusul kenaikan Retribusi Kebersihan Kota (RKK).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Dengan naiknya RKK (Retribusi Kebersihan Kota) 100 % dari Rp.1000 menjadi Rp2.000/KK, semestinya tingkat pelayanan pengelolaan sampah lebih ditingkatkan, sehingga kebersihan kota lebih baik,” katanya.

Sementara itu, warga Ngoresan, Swasti menilai perlu adanya peraturan yang mengatur tentang masalah sampah ini.

“Sebetulnya bisa atau tidak ya ada Perda yang mendenda jika membuang sampah sembarangan? Kalau Solo jadi pencetus aturan seperti itu kan bisa diikuti daerah lain?” tanyanya.

Ada pula warga Karanganyar, Bas yang menawarkan solusi pengelolaan sampah yang dikoordinir setiap RT agar masalah sampah bisa diatasi.

“Mungkin perlu ditempatkan di tiap RT peralatan (semacam mesin) untuk mengelola/ mengkonversi sampah menjadi bentuk yang lain misal pupuk atau bahan bakar untuk energi,” kata Bas.

Sedangkan warga Kartasura, Tomo menilai masalah kebersihan sebaiknya dimulai dari diri sendiri, mengingat masih banyak warga yang suka membuang sampah sembarangan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode