SOLOPOS.COM - Ilustrasi produk kerajinan UMKM (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, MATARAM — Menyambut perhelatan balap motor dunia World Superbike pada 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyiapkan kegiatan Mataram Mandalika Fair dengan melibatkan para pelaku pariwisata.

“Untuk menyemarakkan perhelatan akbar dunia itu, kami mengajak semua pelaku pariwisata menyiapkan diri agar bisa berpartisipasi, sekaligus mengambil peluang ekonomi dari kegiatan tersebut,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Senin (4/10/2021) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dari hasil rapat internal persiapan, kata dia, Mataram Mandalika Fair ditargetkan berlangsung akhir bulan Oktober atau paling lambat awal November 2021, di Lapangan Taman Sangkareang.

Baca Juga: Heboh Pandora Papers, PPATK Siap Lakukan Hal Ini

Dalam kegiatan Mataram Mandalika Fair nanti, pihaknya akan melibatkan para pelaku pariwisata, di antaranya perhotelan, biro jasa perjalanan, serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Target kami, untuk UMKM kita siapkan sekitar 25-30 stan, sedangkan untuk hotel disesuaikan dengan jumlah hotel yang ikut berkontribusi,” katanya.

Terkait dengan itu, Denny berharap para pelaku UMKM sudah mulai mempersiapkan diri untuk membuat berbagai pernak pernik kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh yang bertemakan Mandalika.

Baca Juga: Jelang WSBK Mandalika, Okupansi Hotel di Lombok Naik hingga 70%

Selain itu hasil pangan olahan lokal yang dijadikan berbagai makanan khas juga bisa diikutsertakan, misalnya hasil olahan rumput laut, kacang-kacangan, dan lainnya.

“Khusus untuk perhotelan akan menyiapkan berbagai aneka menu masakan andalan dan masakan khas lokal yang bisa menjadi daya tarik tamu datang hotel tersebut,” katanya.

Diharapkan melalui kegiatan Mataram Mandalika Fair, kata dia, dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata serta meningkatkan okupansi hotel.

“Jika Mataram Mandalika Fair terlaksana, maka ini menjadi kegiatan pariwisata pertama yang kita gelar di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya