SOLOPOS.COM - CEO Batik Prabuseno, Adetya Bayu, membagikan batik kepada warga di sekitar Monumen Pers, Solo, Rabu (13/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini, Batik Prabuseno menggelar aksi sosial berupa pembagian batik untuk masyarakat di wilayah Solo, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Kisah Ratu Keroncong Waldjinah dengan Batik Kembang Kacangnya

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aksi tersebut merupakan aksi yang kedua. Sebelumnya beberapa hari sebelum Ramadan, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan.

Menurut CEO Batik Prabuseno, Adetya Bayu, kegiatan tersebut sekaligus sebagai bentuk rasa syukur Batik Prabuseno. Dimana di tengah pandemi saat ini, Batik Prabuseno tetap dapat bertahan.

“Ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami. Hari ini kami melakukan bagi-bagi baju batik di jalanan di Solo. Kepada tukang becak, ke sukarelawan pengatur lalu lintas, maupun warga yang kebetulan kami temui di jalan,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu.

Total ada sekitar 120 baju batik yang dibagikan, yang terdiri atas 60 baju laki-laki dan 60 baju perempuan. Dia berharap kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi warga masyarakat. Dia juga berharap kegiatan sosial tersebut bisa berlanjut ke depannya.

Baca Juga: Wow! Pedagang Batik Solo Ngaku Raup Untung Berlipat dari Jualan Online

“Jadi sebenarnya sebelum Ramadan kemarin kami sudah melaksanakan kegiatan yang pertama. Kemudian hari ini kami Kembali melakukan pembagian batik yang belum terselesaikan pada kegiatan pertama kemarin,” jelas dia.

Di sisi lain Bayu menyampaikan Batik Prabuseno memproduksi pakaian bermotif batik dengan segmen pakaian kerja. Produk yang ditawarkan merupakan batik printing maupun batik cap dengan desain pakaian menyesuaikan segmen pasar, yakni pakaian kerja. Misalnya blazer, tunik, blouse, dan sebagainya.

Melalui pola penjualan online, Bayu mengatakan sejauh ini Batik Prabuseno masih dapat bertahan di tengah pandemi. Sebab untuk saat ini penjualan melalui sistem online dinilai cukup efektif menjangkau konsumen. Kolaborasi dengan berbagai pihak juga dilakukan untuk mendukung pengembangan usaha. Baik dari sisi produksi maupun pemasaran. Selain itu Batik Prabuseno dalam event Ramadan pada 18-27 April, juga ada diskon up to 50%

Bayu mengatakan sistem produksi Batik Prabuseno juga mengunakan pola kerja sama dengan penjahit rumah tangga. Dengan begitu Batik Prabuseno juga memberikan kesempatan bagi ibu rumah tangga atau masyarakat untuk bisa memiliki penghasilan meski dilakukan di rumah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya