SOLOPOS.COM - Lebih daei 100 tumpeng nasi kuning dipajang di meja dalam acara tasyakuran pergantian Sekda Sragen di Gedung IPHI Nglorog, Sragen, Sabtu (12/11/2022). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Praja Sragen menggelar syukuran pergantian Sekretaris Daerah (Sekda) baru di Gedung IPHI Sragen, Sabtu (12/11/2022).

Para anggota Praja Sragen membawa tumpeng nasi kuning yang berjumlah lebih dari 100 tumpeng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam tasyakuran tersebut, para perangkat desa berharap semoga Sekda yang baru dalam membuat ayom dan ayem bagi perangkat desa Sragen. Para perangkat desa siap menbuat perubahan.

Para perangkat desa yang datang dari 196 desa di Kabupaten Sragen. Masing-masing desa mengirimkan perwakilan tiga orang. Panitia menyiapkan 600 kursi di gedung tersebut.

Ketua Praja Sragen Sumanto saat berbincang dengab Espos di sela-sela kegiatan mengatakan tasyakuran ini sengaja diadakan para perangkat desa sebagai sarana untuk menyambut Sekda baru dan sekaligus konsolidasi atau koordinasi Praja Sragen. Dia mengatakan dalam tasyakuran ini para perangkat desa membawa tumpeng sebanyak 100 tumpeng.

Baca Juga: Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 12 November 2022

“Dengan tasyakuran 100 nasi tumpeng itu, semoga sekda yang baru dapat ayom dan ayem bagi perangkat desa di Kabupaten Sragen. Dalam kesempatan ini pula, Praja juga akan mengajukan revisi terhadap Peraturan Bupati Sragen Nomor 67 Tahun 2022 tentang Aset Desa. Dalam perbup itu masih banyak hal yang belum diatur,” kata Sumanto.

Dia mencontohkan bengkok untuk kepala desa dan perangkat desa sudah diatur tetapi untuk pensiunan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan RT belum diatur. Dia mengatakan ada beberapa desa yang memberi tanah garapan kepada ketua RT. Dia melihat perbup tersebut juga belum sesuai dengan Perbup tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya