SOLOPOS.COM - Suasana sidak protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Solo Grand Mall (SGM), Sabtu (30/5/2020).

Solopos.com, SOLO -- Pusat perbelanjaan modern atau mal di Soloraya siap menerapkan sistem kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Hampir semua tenant mal siap menyambut masyarakat, kecuali bioskop dan wahana permainan.

Sejumlah protokol kesehatan pencegahan corona pun disiapkan mal, bahkan sejak ada kasus Covid-19 di Soloraya. Kini, prosedurnya semakin diperketat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Public Relation Solo Grand Mall (SGM), Ni Wayan Ratrina, mengatakan pihaknya memperketat berbagai prosedur demi mencegah penularan Covid-19 menyambut new normal di mal. Misalnya, kewajiban penggunaan masker baik bagi pengunjung, tenant, maupun staf mal. Selain itu, penyediaan hand sanitizer di berbagai tempat.

Nyentrik! Kades Sendang Wonogiri Ternyata Suka Ngevlog

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami juga telah disidak oleh Satpol PP dan TNI pada Sabtu [30/5/2020], hasilnya SGM aman sesuai dengan protokol kesehatan dan siap menuju new normal,” ujar dia kepada Solopos.com, Rabu (3/6/2020).

Perempuan yang akrab disapa Ina ini menjelaskan penertiban kewajiban penggunaan masker dilakukan oleh petugas keamanan di pintu masuk.

Selain itu, pihaknya juga tetap mengawasi serta menegur jika ada pengunjung yang tak menggunakan masker saat sudah memasuki area mal. Manajemen juga mengurangi meja dan kursi sekaligus memberi jarak di area food court.

Polisi Banyumas Cokok Pelaku Pencabulan 2 Perempuan Cilik

“Jumlah pengunjung yang datang [ke mal] seperti saat weekdays [sebelum ada Covid-19]. Sedangkan tenant yang sudah buka kembali mencapai 80%, hanya wahana permainan dan bioskop yang belum karena belum diperbolehkan untuk beroperasi,” papar dia.

Head of Marcom Solo Paragon Lifestyle Mall, Veronica Lahji, mengatakan mal tersebut juga terus memperketat penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seiring penerapan new normal di mal. Manajemen pun menyediakan masker yang bisa dibeli pengunjung yang tidak memakai masker.

Jumlah Pengunjung 4.000 per Hari

“Kami selalu ingatkan untuk penggunaan masker ini. Untuk pembatasan sosial maupun fisik memang harus sabar sehingga kami harus terus mengingatkan. Sedangkan untuk jumlah pengunjung sekarang sekitar 4.000 orang per hari,” katanya.

5.310 Kasus Positif Covid-19 di Jatim, Angka Kematian Dekati Jakarta

Public Relation The Park Mall, Christina Tri Mawarti, mengatakan manajemen mengetatkan prosedur masuk mal bagi pengunjung menyambut penerapan new normal. Mulai dari cek suhu tubuh, memakai hand sanitizer, kewajiban menggunakan masker, dan menerapkan pembatasan jarak.

Adapun petugas yang mengecek kedatangan pengunjung dilengkapi masker, juga faceshield dan sarung tangan.

“Ada pembatasan fisik di outlet atau tenant. Selain pengunjung yang bermasker, tenant juga wajib menggunakan masker, faceshield, dan sarung tangan, khususnya tenant FB,” ungkapnya.

Petugas di The Park Mall Solo Baru memeriksa suhu tubuh pengunjung, Rabu (3/6/2020). (Istimewa/The Park Mall)

Satpam Cantik Sragen Ditemukan Meninggal di Tepi Bengawan Solo

Marcom Hartono Mall Solo Baru, Elfizia Carina, menambahkan penerapan new normal di mal ini sudah jauh-jauh hari dilakukan. Tapi kini berbagai prosedur tersebut lebih diawasi dan diketatkan lagi.

“Kewajiban penggunaan masker. Kalau enggak pakai tidak bisa masuk mal. Kalau mau bisa beli masker nonmedis di bagian customer service mal,” paparnya.

Menurut dia, sebagian besar tenant mal juga telah beroperasi kembali. Tinggal beberapa tenant yang belum buka seperti bioskop Platinum sesuai dengan regulasi dari pemerintah. Sedangkan untuk trafik pengunjung sudah normal seperti hari biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya